KUA Ilir Timur I Palembang Gelar Doa Lintas Agama, Kokohkan Kerukunan Antar Umat Beragama

Kamis 22-08-2024,14:47 WIB
Reporter : Bethanica
Editor : Bethanica

PALEMBANG,PALPRES.COM- Kantor Urusan Agama (KUA)  Ilir Timur I Palembang menggelar Do’a Lintas Agama di Kampung Moderasi Beragama (KMB) Kelurahan 20 Ilir, Kecamatan Ilir Timur I Palembang.

Tasyakuran ini merupakan wujud rasa syukur atas nikmat kemerdekaan dan kerukunan hidup umat beragama.

Kepala KUA sekaligus Ketua Pokja KMB Kecamatan Ilir Timur I, Zulfikar Ali Fajri mengatakan, kegiatan tasyakuran dan do’a lintas agama ini merupakan ungkapan syukur atas anugerah kemerdekaan.

“Kita bersyukur karena bangsa kita telah terbebas dari penjajahan dan dalam usia ke-79 tahun kehidupan bermasyarakat terjalin harmonis meski terdiri dari beragam suku dan agama. Melalui momentum hari ini, semoga semakin mengokohkan kerukunan kehidupan beragama terutama di KMB Kelurahan 20 Ilir,”ujar Zulfikar.  

BACA JUGA:Kemenag Sumsel Gelar Bimtek dan Aktivasi Sahabat Religi, Optimalkan Fungsi Kehumasan

BACA JUGA:Menteri Agama Yaqut Cholil Bakal Revisi Syarat Izin Pendirian Rumah Ibadah, Cukup Rekomendasi Kemenag Saja

Pada kesempatan tersebut, Camat Ilir Timur I Purba Sanjaya mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi KUA Ilir Timur I.

“Ini merupakan langkah inovatif dalam mengokohkan jalinan kebersamaan antar umat beragama. Apalagi dengan memanjatkan do’a bersama lintas agama yang merupakan wujud keharmonisan itu sendiri, semoga akan membuat kota Palembang tetap berada dalam wilayah zero konflik dengan kehidupan masyarakatnya yang sangat majemuk,” ujar Purba. 

Selanjutnya, Purba mengingatkan agar umat beragama tidak terpecah belah karena perbedaan pandangan politik.

“Semangat juang dan kesatupaduan dalam memperjuangkan kemerdekaan semoga senantiasa terpatri dalam diri umat beragama, utamanya dalam momen pilkada serentak yang akan datang, jangan sampai agama ditunggangi untuk kepentingan politik praktis,” ujar Purba.

BACA JUGA:Kemenag Berbagi Cerita dan Pengalaman Mendapatkan 20.000 Kuota Haji Tambahan: Tidak Ada Jual Beli Kuota Haji

BACA JUGA:Kemenag Bantah Tuduhan Politisi PDIP, Sebut Hanya 200.362 Jemaah Haji yang Lunasi Bipih: Salah Baca Data

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palembang Yeri Taswin mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih kepada jajaran KUA Ilir Timur I yang telah menggelorakan semangat moderasi beragama di tingkat kecamatan.

“Selama ini masyarakat mengenal KUA hanya sebagai tempat mendaftar nikah bagi umat Islam,"ungkap Yeri.

"Padahal, KUA juga memiliki tugas dan fungsi lain di antaranya program moderasi beragama yang dicanangkan pemerintah dan KUA Ilir Timur I telah merealisasikannya dengan kegiatan hari ini,” harap Yeri.

Kategori :