Pj Sekda Sumsel Jawab Pertanyaan Fraksi-Fraksi DPRD Terhadap Raperda Tentang APBD Sumsel TA 2025

Sabtu 07-09-2024,16:24 WIB
Reporter : Apriansyah
Editor : Apriansyah

PALEMBANG, PALPRES.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Drs. H. Edward Candra, MH menghadiri Rapat Paripurna XC (90) DPRD Provinsi Sumsel dengan agenda menyampaikan Jawaban Pj Gubernur Sumsel.

Atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Sumsel Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Sumsel Tahun Anggaran 2025. 

Rapat paripurna kali ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Muchendi Mahzareki di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumsel

Dikatakan Sekda Edward Candra Pemprov Sumsel sangat mengapresiasi tanggapan berupa pertanyaan, harapan, himbauan, kritik, saran dan dukungan yang disampaikan oleh Fraksi-Fraksi di DPRD melalui juru bicara masing-masing. 

BACA JUGA:Megawati dan Vanja Bukilic Gabung Red Sparks, Ikut Terbang ke Taiwan

BACA JUGA:Kementerian PUPR Targetkan 104 Km Jalan Nasional Baru Tahun 2025, Ini Lokasi-Lokasinya

Terkait pendapatan  sebagaimana apresiasi, pertanyaan, saran dan masukan  yang disampaikan oleh Fraksi Golkar, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fraksi Partai Amanat Nasional.

 Dijelaskan Edward bahwa Pemprov berterima kasih atas saran dan masukan terkait peningkatan realisasi pajak kendaraan bermotor.dan bea balik.nama kendaraan bermotor. 

Bapenda Sumsel akan terus berkomitmen meningkatkan dan mengoptimalkan sumber pendapatan asli daerah terutama dari sektor pajak dan retribusi daerah. 

Untuk peningkatan pajak kendaraan bermotor dan juga bea balik.nama kendaraan bermotor saat ini sudah dilakukan inovasi pembayaran berbasis elektronik melalui E-Dempo,E-Signal, Modern Channel, EDC dan QRIS. 

BACA JUGA:Gempa Tektonik 4.9 M Guncang Giayar Bali, Getaran Terasa Sampai Lombok, Dipicu Sesar Aktif

BACA JUGA:Proses Cepat dan Mudah, Begini Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark

Sementara itu terkait langkah konkret terhadap intensifikasi, ekstensifikasi pajak dan retribusi daerah dari pemandangan Umum Fraksi Partai Gerindra dan Fraksi Partai Demokrat antara lain.

 telah membentuk tim optimalisasi Pendapatan Daerah melalui sektor PPBKB dan Pajak Air Permukaan, kemudian melakukan monitoring rutin dan evaluasi serta melakukan penagihan door to door, melakukan  pengingat jatuh tempo pajak kepada wajib pajak menggunakan whatsapp broadcast dan banyak lagi lainnya.

Selanjutnya terkait Belanja Daerah sebagaimana pertanyaan saran dan masukan yang disampaikan Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai PDI Perjuangan, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Partai Amanat Nasional, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Nasdem.

Kategori :