Pemprov Sumsel Terus Dorong Upaya Penurunan Kemiskinan dan Inflasi

Rabu 18-09-2024,19:16 WIB
Reporter : Apriansyah
Editor : Apriansyah

PALEMBANG, PALPRES.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi, S.H, M.S.E, memimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Sekretariat bersama pengembangan ekonomi dan keuangan daerah.

dengan pokok bahasan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) terkait penurunan kemiskinan dan pengendalian inflasi bertempat di Ruang Rapat OJK Kantor Regional 7 OJK Sumbagsel dan Babel

Susenas tersebut diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel itu merupakan salah satu sumber informasi untuk mendapatkan gambaran mengenai kondisi sosial ekonomi masyarakat. 

Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi mengatakan, sudah menjadi kesepakatan bersama untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial yang tepat waktu, satu waktu, satu tujuan, satu sasaran dan satu pelaksanaan. 

BACA JUGA:BERSIAP! 5 Ciri Masyarakat yang Terima Bansos Pemerintah Pada Tahun 2025, Mulai Dari BPNT Hingga PKH

BACA JUGA:2 Cara Untuk Mendaftar Ke DTKS Kemensos, Agar Bisa Dapat Bansos Dari Pemerintah Pada Tahun 2025

Berkenaan dengan pelaksanaan susenas yang akan dimulai pada tanggal 20 September hingga 30 September ini.

Elen menghimbau agar stakeholder terkait melakukan evaluasi, dan apabila masih ada yang belum dilakukan, untuk  segera dilakukan pengerjaanya. 

“Kami mohon Bapak/ Ibu agar satu dua hari ini melakukan evaluasi, apabila masih ada yang belum dikerjakan, segera untuk ditindaklanjuti,  mana hal-hal yang perlu kita lakukan, upaya penekanan-penekanan terutama oleh pemerintah Kabupaten/Kota dan juga oleh lembaga-lembaga lainnya yang kita minta untuk berpartisipasi melalui CSR  nanti kita minta update-nya data yang hari ini,” himbaunya.

Sementara Kepala BPS Provinsi Sumsel Moh. Wahyu Yulianto, S.Si., S.ST., M.Si menambahkan, Pengumpulan data Susenas dilakukan 2 (dua) kali dalam satu tahun, yaitu Bulan Maret dan September. 

BACA JUGA:Rival Terkuat Dari Redmi Pad SE 11 Inci, Ini 3 Spesifikasi Dari Tablet Huawei MatePad T8 yang Cuma 2 Jutaan

BACA JUGA:5 Jenis Mobil Pabrikan Wuling yang Sangat Laku di Indonesia, Nomer Berapa yang Kamu punya?

Sursenas yang dilaksanakan pada Bulan Maret bisa disajikan estimasi sampai level kabupaten/kota sedangkan pada Bulan September 2024 disajikan estimasi sampai level Provinsi.

“Pelaksanaan waktu pencacahan Susenas dilaksanakan pada rentan waktu tanggal 20 – 30 September setiap tahunnya. Jadi pendataan lapangan kegiatan susenas pada bulan September ini bukan hanya mencakup terkait indikator kemiskinan, akan tetapi juga sosial budaya dan keterkaitan dengan pendidikan,” katanya. 

Wahyu menuturkan, sampai dengan saat ini BPS Provinsi Sumsel sudah melakukan updating ke wilayah-wilayah kerja BPS, guna mengidentifikasi apakah rumah tangga ataupun keluarga masih berada di wilayah 

Kategori :