WOW! Ternyata Ini Alasannya Kenapa Bantuan PKH dan BPNT Kamu Lama Cair? Simak 2 Penyebabnya

Jumat 27-09-2024,15:18 WIB
Reporter : Try Dina
Editor : Try Dina

PALPRES.COM - Bnsos PKH dan BPNT milikmu alokasi Juli sampai dengan September tidak kunjung cair, ini beberapa penyebabnya.

Sudah hampir tutup bulan September, pencairan bansos PKH (Program keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) tidak kunjung cair melalui kantor Pos.

Tentunya hal ini membuat masyarakat penerima bansos bertanya apa penyebab dari keterlambatan ini.

Seperti dikabarkan sebelumnya bahwa saat ini pencairan bantuan sosial (bansos) BPNT 2024 yang sebelumnya dilakukan melalui Kantor Pos telah dialihkan ke Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Bank Himbara, termasuk Bank Mandiri.

BACA JUGA:3 Area Wisata Di Benteng Kuto Besak Palembang Ini Bakal Jadi Destinasi Heritage Seperti Di Yogyakarta!

BACA JUGA:3 Fakta Tentang Kasus Ibu Rumah Tangga yang Siram Tubuh Mantan Suami Dengan Air Keras

Proses ini dilakukan secara bertahap, dimulai dengan pembukaan rekening kolektif (burekol) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sebelumnya menerima pencairan melalui Kantor Pos.

Setelah proses burekol selesai, para KPM akan dapat melakukan penarikan dana bansos secara mandiri melalui ATM atau agen bank Himbara terdekat.

Tahap akhir untuk pencairan ini termasuk verifikasi rekening, penerbitan Surat Perintah Bayar (SPM), dan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)

Sementara itu, bagi penerima PKH yang sebelumnya menerima pencairan melalui Kantor Pos, diminta agar menunggu informasi lebih lanjut apakah mereka juga akan beralih ke rekening KKS Bank Himbara, meskipun diprediksi pencairan masih bisa dilakukan melalui Kantor Pos pada periode berikutnya.

BACA JUGA:Setelah Ditetapkan Jokowi, Gaji Tenaga Honorer yang Lusus PPPK 2024 Bisa Tembus Hingga Rp 7 Juta Setiap Bulan!

BACA JUGA:SAYANG SEKALI ! KPM Dengan 3 Kategori Ini Bakal Tidak Cair Bansos PKH dan BPNT Periode September dan Oktober

Makanya, peralihan pencairan dari Kantor Pos ke KKS Bank Himbara dilakukan secara bertahap untuk para KPM BPNT PKH 2024 dengan melakukan proses buka rekening kolektif (Burekol).

Jadi dapat disimpulkan, jika kini hanya akan ada satu penyalur saja bagi bansos PKH BPNT 2024 yaitu Bank Himbara yang meliputi BNI BRI BSI dan Bank Mandiri.

Selain proses peralihan tersebut, KPM juga perlu ketahui bahwa bansos PKH dan BPNT tersebut cair melewati tiga tahap.

Kategori :