Akan Ada Kenaikkan Usia Pensiun di Seluruh Dunia, Benarkah?

Jumat 04-10-2024,14:03 WIB
Reporter : Apriansyah
Editor : Apriansyah

BACA JUGA:Inilah 5 Mobil Bekas Paling Dicari Tahun 2024 dengan Harga Mulai Rp 30 Jutaan

BACA JUGA:Anak Lolos Bintara Polri Jalur Disabilitas, Serka Hendri: Terima Kasih Kapolri

Untuk  Hal ini penting mengingat China dan Jepang telah mengalami perlambatan pertumbuhan angkatan kerja yang dipicu oleh menurunnya tingkat kesuburan (fertility rate) dan populasi yang menua.

Sehingga Kedua dengan masa kerja yang lebih panjang, diharapkan periode kontribusi pekerja untuk menabung dalam rangka mempersiapkan masa pensiunnya menjadi lebih panjang. 

Lalu untuk Hal ini tercermin dari kebijakan pelengkap yang juga akan diterapkan oleh China sehingga untuk mendapatkan hak sebagai penerima manfaat program pensiun dasar yang saat ini diterapkan, seorang pekerja setidaknya harus mengiur selama 20 tahun, dari sebelumnya ditetapkan paling tidak 15 tahun.

Sehingga Di sisi lain Negera Jepang telah mengharuskan seorang pekerja untuk mengiur setidaknya selama 10 tahun untuk dapat mengakses manfaat dari program pensiun dasar, yaitu National Pension, saat pekerja tersebut memasuki usia pensiun. 

BACA JUGA:Anak Lolos Bintara Polri Jalur Disabilitas, Serka Hendri: Terima Kasih Kapolri

BACA JUGA:Beberapa Fakta Mencengangkan Serangan Rudal Balistik Iran ke Israel

Lalu Dengan skema tersebut sehingga program pensiun dasar baik di China maupun Jepang, pada dasarnya bersifat pay-as-you-go (PAYG).

Yang dimana dalam manfaat pensiun yang diterima oleh para pensiunan berasal dari iuran para pekerja aktif.

Jadi dalam mendorong para pekerja untuk mengiur lebih lama akan membantu tercapainya tujuan ketiga, yaitu peningkatan ketahanan keuangan dari sistem pensiun. 

Nantinya Hal ini akan sangat penting mengingat periode mengiur yang lebih panjang di satu sisi dapat diartikan dengan periode menerima manfaat yang menjadi lebih pendek di sisi yang lainnya namun dengan potensi manfaat yang lebih besar.

BACA JUGA:Nongkrong Makin Asyik! Inilah 5 Kafe Estetik di Jakarta dengan View Gedung Pencakar Langit

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Terus Perbaiki Sistem Perbankan Agar Raih Provinsi Ekonomi Mandiri

Lalu Selain dengan untuk menaikkan usia pensiun wajib, berbagai literatur menunjukkan bahwa untuk menjaga ketahanan keuangan sekaligus kesinambungan program pensiun yang bersifat PAYG, kebijakan lainnya adalah mengurangi manfaat pensiun, menaikkan besaran iuran dan yang paling drastis adalah beralih sepenuhnya ke skema yang sepenuhnya funded.

Tentunya Apa yang Dapat Dipelajari?

Kategori :