Serentak Seluruh Indonesia, Ratusan Santri dan ASN Kemenag Sumsel Ikut Laksanakan Senam Santri

Jumat 18-10-2024,14:47 WIB
Reporter : Bethanica
Editor : Bethanica

PALEMBANG,PALPRES.COM- Ratusan santri bersama ASN Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan dan Kemenag Kota Palembang melaksanakan senam santri di pondok pesantren Ar Rahman Palembang, Jumat 18 Oktober 2024.

Acara tersebut dilaksanakan serentak se-Indonesia.

Hadir dalam kegiatan senam santri, Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Sumsel H. Badrut Tamam, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumsel H. Ishak Putih, PLT Kepala KanKemenag Kota Palembang H. Abubakar, Mudir Pesantren Ar Rahman Palembang KH. Muhsan, seluruh Pembimas dan ASN Kementerian Agama Kanwil Kemenag Sumsel.

Kakanwil Kemenag Sumsel H. Syafitri Irwan melalui Kabid PAKIS Badrut Tamam menyampaikan, dengan adanya kegiatan senam santri sehat ini, dirinya berharap para ASN Kemenag, para santri, dan masyarakat umum dapat menjalani kegiatan kesehariannya dengan lebih baik, dalam kondisi tubuh yang sehat, dan pikiran yang segar.

BACA JUGA:Kemenag Siapkan Ragam Kegiatan Semarakkan Hari Santri Lewat Expo Kemandirian Pesantren

BACA JUGA:Larangan Pernikahan di Hari Libur, Ini Penjelasan Kemenag

“Tujuan adanya senam ini, menanamkan kebiasaan-kebiasaan supaya santri terbiasa memiliki tubuh yang bersih, sehat, dan segar dengan berolahraga yang betul dan benar, karena santri harus memiliki Al ‘Aqlus Salim Fii Jismis Salim, akal yang sehat terletak pada tubuh yang sehat,” ujarnya.

Usai pelaksanaan senam, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh pejabat Kementerian Agama dan pimpinan pondok pesantren Ar Rahman Palembang.

Kabid PAKIS menjelaskan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan wujud kepedulian pemerintah, para santri dan kiai terhadap lingkungan.

“Kegiatan Senam Santri dan penanaman pohon ini menjadi momentum untuk mempererat kebersamaan serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan tubuh dan lingkungan, sebagai bagian dari semarak peringatan Hari Santri Nasional. Kegiatan senam ini disiarkan secara live di Instagram Kanwil Kemenag Sumsel dan Channel Youtube Ponpes Ar Rahman,” jelas Badrut Tamam.

Kemenag Siapkan Ragam Kegiatan Semarakkan Hari Santri Lewat Expo Kemandirian Pesantren

Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sumsel akan menggelar beragam kegiatan dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Santri pada 22 Oktober 2024.

Kegiatan tersebut mulai dari Expo Kemandirian Pesantren, Penanaman Pohon, Senam Santri, dan Apel Hari Santri.

Ada juga kegiatan istighosah dan zikir bersama. 

Demikian dijelaskan Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kanwil Kemenag Sumsel Badrut Tamam pada rapat persiapan Hari Santri Tahun 2024 di Kanwil, Selasa 15 Oktober 2024  pagi tadi.

“Untuk menyukseskan kegiatan ini, kita bekerjasama dengan beberapa pihak seperti UIN Raden Fatah Palembang, Forum Pondok Pesantren Sumatera Selatan (Forpess) dan Forum Koordinasi Diniyah Takmiliyah (FKDT),” jelas Badrut Tamam.

Kategori :