Insight Factory by SOCO mencatat peningkatan signifikan pada brand lokal yang kini mampu bersaing di pasar global.
Dengan pangsa pasar yang terus berkembang, komposisi brand lokal juga kian bertumbuh.
Dibandingkan pada tahun 2015 ketika pertama kali Sociolla hadir, brand lokal mengalami pertumbuhan hingga 49% hingga saat ini, dengan komposisi yang hampir setara dengan jumlah brand mancanegara.
Sejalan dengan temuan tersebut, data juga menyoroti pertumbuhan kategori parfum di Sociolla, lokal parfum terus menarik perhatian tinggi dari para beauty enthusiast sepanjang tahun dengan pertumbuhan 3x lipat sejak kategori ini pertama dihadirkan pada 2015.
Hal ini mencerminkan kepercayaan konsumen terhadap produk lokal yang inovatif dan berkualitas tinggi.
4. Komunitas Kecantikan yang Solid
Tren kecantikan semakin terfokus pada pembentukan komunitas solid di Indonesia.
Melalui fitur personalisasi dan komunitas aktif di aplikasi SOCO, 6 juta SOCO member dapat saling berbagi ulasan, tips, dan rekomendasi, menciptakan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan mendalam.
Hal ini menciptakan pengalaman belanja yang tidak hanya seamless, tetapi juga membangun hubungan yang lebih dalam dengan para penggunanya.
Gelaran acara Sociolla Bestie Run for The Earth--
Tren dan Insight Industri Kecantikan 2024
● Konsumen Lebih Cerdas
"Beauty Consumer Behavior and Trend Report" dari Insight Factory by SOCO mendapati peningkatan literasi konsumen Indonesia yang signifikan dalam berbelanja produk kecantikan.
Dalam laporan tersebut ditemukan, bahwa baik Milenial maupun Gen Z lebih menikmati integrasi pengalaman online-offline, sehingga mendorong penguatan tren omnichannel shopping.
Di Sociolla, omni-shopping mencetak pendapatan 2 kali lebih besar dibandingkan dari belanja offline atau online saja.
Tren kecantikan makin condong ke arah inovasi tinggi seperti produk hybrid makeup.
Tren “Skinification” juga makin diminati, mendorong pertumbuhan signifikan di kategori produk perawatan tubuh dan rambut.