Banner Honda PCX

Inilah Rahasia Fungsi Lubang pada Rem Cakram, Bukan Sekadar Aksesoris

Inilah Rahasia Fungsi Lubang pada Rem Cakram, Bukan Sekadar Aksesoris

Inilah rahasia fungsi lubang pada rem cakram, bukan sekadar aksesoris.-YouTube/Sekolah Online Teknik Otomotif-

Ini akan menimbulkan partikel-partikel logam yang sangat halus.

Partikel-partikel atau kotoran tersebut akan terbuang melalui lubang-lubang pada piringan rem cakram.

Dengan begitu, piringan cakram terhindar dari kemungkinan lecet atau pengikisan yang bisa mengurangi kinerja rem. 

 

3. Membuat piringan cakram menjadi lebih ringan

Lubang-lubang pada piringan cakram juga berfungsi untuk meringankan bobot piringan itu sendiri.

Meski lubang-lubang tersebut tidak secara signifikan mengurangi bobot motor, namun setidaknya tidak menambah berat.

 

Cara agar rem cakram awet

Piringan cakram merupakan komponen yang umur pemakaiannya cukup lama. 

Guna mengetahui batas pemakaian rem cakram, umumnya pabrikan menyematkan semacam kode minimum ketebalan piringan.

Kode itu bertuliskan MT atau singkatan dari Minimum Thicknes. 

Motor satu dengan motor yang lainnya memiliki ketebalan yang berbeda-beda, misalnya MT 5 mm, maka ketebalan cakram itu dianjurkan adalah 5 mm.

Cara paling jitu merawat ketebalan cakram adalah dengan rutin mengganti kampas rem. 

Jangan biarkan kampas menipis hingga menyisakan besi saja, karena itu bisa membuat permukaan utama cakram terkikis. 

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: