Honda

Belajar Otodidak, Kini Hasilkan Omset Jutaan Rupia

Belajar Otodidak, Kini Hasilkan Omset Jutaan Rupia

 

 

 

 

 

PALPRES.COM – Menggeluti suatu hobi atau pekerjaan tentunya harus berasal dari hati dan ikhlas menjalaninya.

 

Nah, salah satu yang paling naik daun yakni beternak jangkrik, yang dapat mendapatkan omset hingga jutaan rupiah.

 

Rahmad (41) salah satu peternak jangkrik, asal Desa Banjar Negara, Kecamatan Lahat Selatan menerangkan, bahwasanya dirinya sudah menggeluti kurang lebih enam bulan terakhir ini.

 

“Memang awal-awal bulan pertama tidak berjalan dengan baik, sebab, beternak jangkrik ini belajar secara otodidak dari internet,” ungkapnya, Senin (13/6/2022).

 

Dirinya menuturkan, modal awal yang dikeluarkan untuk membuat dua kotak kandang jangkrik tidak terlalu besar, begitu pula dengan karpet telur dan membeli telur jangkrik.

 

“Beternak ini dimulai dari telur jangkrik, diolah sedemikian rupa, sehingga menetas. Perawatannya pun tidak sembarangan, mesti ditempat yang lembab atau teduh alias jangan terlalu panas akan mengakibatkan jangkrik muda akan mati,” terang Rahmad.

 

Rahmad menjelaskan, untuk makanannya sendiri, tidak sulit didapatkan, kalau masih anak-anak diberi pakan ayam yang ditumbuk halus, dan air atau boleh dari pelepah pisang atau batang pisang tidak boleh kurang.

 

 “Menginjak beberapa Minggu, nafsu makan akan bertambah sehingga pur ayam pun ikut meningkat, bisa juga diselingi dengan sayuran. Untuk kotoran jangkrik pun bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik,” urainya.

 

Dirinya mengaku, dalam sekilo telur jangkrik, dapat menghasilkan jangkrik dewasa dengan kisaran 54-57 Kilogram (Kg), tergantung berapa banyak dipasok telurnya.

 

“Untuk omset sendiri, Alhamdulillah sudah menghasilkan jutaan rupiah,” pungkas Rahmad. BRN

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: