Honda

7 Sapi Disembelih Paksa, Ternyata Ini Penyebabnya

  7 Sapi Disembelih Paksa, Ternyata Ini Penyebabnya

PALPRES.COM- Sebanyak tujuh hewan ternak sapi Bali milik warga Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pseksu, disembelih paksa. Pasalnya, sapi tersebut menunjukkan gejala terserang Virus Jembrana.

“Betul, disembelih paksa, karena ketika dilihat dari gejalanya mengarah Virus Jembrana. Sebab, apabila dibiarkan akan menyebabkan kematian dan menular kepada sapi-sapi yang sehat," ungkap Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPH dan Nakan) Lahat, Eti Listina SP MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, drh Astin Tri Saputra Msi, Kamis (16/6/2022).

Memang, sambung Astin, virus jembrana ini lebih cepat menularnya, jika dibandingkan dengan penyakit muluk dan kuku (PMK).

"Dari gejalanya pun berbeda sekali, oleh karena itulah, kita bergerak cepat supaya tidak menginfeksi sapi-sapi yang sehat," katanya.

Dirinya menambahkan, pihaknya juga langsung mendatangi peternak sapi, yang ada di sekitar Kikim Selatan dan Pseksu untuk diberikan suntikan antibiotik.

"Sampel sudah diambil, kini hewan tersebut dipisahkan dengan lainnya, dan diberikan pengobatan secara intensif,” katanya. BRN

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: