Honda

Prodi Peradaban Islam Optimis Konversi Akreditasi A Menjadi Unggul, Strateginya Bikin Geleng Kepala

Prodi Peradaban Islam Optimis Konversi Akreditasi A Menjadi Unggul, Strateginya Bikin Geleng Kepala

PALPRES.COM - Keterlibatan mahasiswa dalam meningkatkan mutu akademik menjadi salah satu penilaian untuk menyandang akreditasi baik.

Hal ini pula yang dilakukan civitas akademika Program Studi (Prodi) Peradaban Islam, Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang, dalam mengkonversikan akreditasi A menjadi unggul.

Ketua Prodi Peradaban Islam, Dr. Muhammad Noupal, M.Ag mengatakan, saat ini pihaknya fokus pada konversi akreditasi.

Beberapa upaya dilakukan dalam mewujudkan akreditasi unggul seperti meningkatkan mutu kajian ilmiah yang fokus pada pengembangan sejarah Islam.

"Kajian dari mahasiswa ini kita arahkan pada pengembangan sejarah Islam yang lebih luas sebagai upaya penguatan distingsi UIN Raden Fatah, pusat pengkajian Islam dan peradaban melayu," jelasnya Dr. noupal didampingi Sekretaris Prodi Peradaban Islam Dr Uswatun Hasanah.

Selain itu, karya ilmiah mahasiswa dipublikasikan secara luas dalam bentuk buku dan jurnal.

Saat ini, sudah ada tujuh buku yang sudah dipublikasikan dalam bentuk buku dan lima karya lainnya sedang proses penerbitan.

"Kita bantu mahasiswa agar disertasinya bisa dipublikasikan baik dicetak menjadi buku maupun jurnal. Tujuannya agar disertasi mahasiswa ini bisa dinikmati secara luas," terangnya.

Upaya lain, sambung Dr. Noupal, mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi mulai dari pendidikan, penelitian dan pengabdian, salah satunya mengoptimalkan kerjasama mahasiswa dengan dosen dan membantu mahasiswa dalam mempublikasikan ke jurnal internasional.

"Dalam proses pengajaran, kita mengundang ahli sejarah dan ahli filologi dari dalam maupun luar negeri melalui zoom meeting. Dari berbagai upaya itulah, kita optimis akreditasi unggul bisa terwujud tahun depan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: