Honda

3 Juli, Palembang Launching Gerakan Subuh Berjamaah

3 Juli, Palembang Launching Gerakan Subuh Berjamaah

PALPRES.COM - Pemerintah Kota Palembang berencana menjalankan gerakan salat subuh berjamaah bagi warga muslim di 107 kelurahan.

Menurut Wali Kota Palembang Harnojoyo, gerakan salat subuh berjamaah akan diluncurkan pada 3 Juli. Kebijakan tersebut guna menghidupkan kembali kegiatan silaturahmi yang dalam dua tahun terakhir tidak selalu bisa dilakukan secara tatap muka akibat pandemi Covid-19.

”Pemerintah kota melaksanakan gerakan salat subuh berjamaah dengan pertimbangan penularan virus korona sudah reda dan cakupan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap sudah 70 persen lebih,” kata Harnojoyo seperti dilansir Jawapos.com dari Antara.

Menurut dia, kementerian dalam negeri sudah memasukkan Palembang ke zona pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 1 sejak 7 Juni. ”Jadi, atas kondisi tersebut ada sedikit kelonggaran bagi masyarakat beraktivitas, sehingga saya berharap program subuh berjamaah bisa diefektifkan kembali,” tutur Harnojoyo.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Palembang Reza Pahlevi menambahkan, gerakan salat subuh berjamaah akan dibarengi dengan gerakan sedekah aparatur sipil negara. Uang sedekah Rp 2 ribu per orang yang dikumpulkan dari aparatur sipil negara setiap dua pekan.

Uang tersebut akan digunakan untuk memberikan bantuan bahan pangan pokok kepada warga kurang mampu di sekitar masjid. ”Dalam sedekah subuh itu, kepada setiap satu masjid di 107 kelurahan akan diberikan sembako bagi 10 orang di sekitar masjid yang pendapatannya rendah,” terang Reza. JPC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: