Honda

Sebar Seribu Vaksin Se Muba, Cegah PMK Pada Hewan Kurban

Sebar Seribu Vaksin Se Muba, Cegah PMK Pada Hewan Kurban

MUBA, PALPRES. COM- Upaya maksimal dilakukan PJ Bupati Drs Apriyadi M.Si dalam mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan kurban menjelang perayaan Idul Adha. 

Berkaitan hal tersebut, Pemkab Muba menyiapkan seribu dosis vaksin cegah PMK untuk hewan kurban khususnya sapi. 

"Sejauh ini di Muba nihil ada hewan kurban yang terkena PMK, dan untuk itu penyebaran seribu dosis vaksin PMK ini kita masif kan di Muba," ungkap Apriyadi saat meninjau langsung pelaksanaan vaksin PMK di kandang penjualan hewan kurban Sekayu, Rabu (29/6/2022). 

BACA JUGA:Cegah Penularan, Pemkab OKU Timur Bentuk Satgas PMK

Apriyadi menegaskan, kepada OPD terkait untuk serius dalam upaya pencegahan meminimalisir adanya PMK yang menyerang hewan kurban. "Harus maksimal pengawasannya dan berkoordinasi dengan veteriner di Muba," terangnya. 

Lanjutnya, penyebaran dosis vaksin PMK ini difokuskan ke kandang-kandang penjualan hewan kurban dan cek satu persatu kalau ada hewan kurban dari daerah lain yang melintasi Muba. 

"Fokuskan kandang hewan kurban di jalan lintas, karena penyebaran PMK bisa dengan cepat menyebar," urainya. 

Ia menghimbau, bagi masyarakat atau penjual hewan kurban yang melihat atau hewan kurbannya terkena PMK untuk segera dilaporkan. "Segera laporkan, kita jaga bersama kesehatan hewan kurban dan masyarakat Muba saat menjelang Idul Adha," tandasnya. MUH

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: