Honda

32 Peserta Ikuti Lomba Bercerita Budaya Daerah Sumatera Selatan

32 Peserta Ikuti Lomba Bercerita Budaya Daerah Sumatera Selatan

PALEMBANG, PALPRES.COM - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Kampung Dongeng Indonesia ke-13 tahun. Kampung Dongeng Sumatera Selatan mengadakan lomba mendongeng di Lantai 4 Palembang Square Mall, Sabtu (02/07/2022).

“Kegiatan dengan kategori kelas 2-6 Sekolah Dasar (SD) diikuti oleh 32 peserta. Tidak hanya dari Palembang, pesertanya juga ada dari luar daerah seperti Banyuasin,” kata Ketua Kampung Dongeng Sumsel, Ninuk Sundari.

Dikatakannya, lomba dengan tema cerita rakyat daerah Sumatera Selatan ini, diharapkan dapat mengangkat dan mempopulerkan cerita budaya daerah yang mengandung nilai-nilai kehidupan.

“Sehingga anak-anak ini dapat memahami cerita dan budaya yang ada di Sumsel, dan melestarikannya,” ucap Kak Ninuk.

BACA JUGA:Kampung Dongeng Sumsel Tampilkan Cerita Daerah Bertemakan Ibu

Kak Ninuk menambahkan, kriteria penilaian lomba meliputi, teknik bercerita dari pendongeng, penampilan  dan penguasaan panggung serta kreatifitas yang ditampilkan.

“Kita ambil 6 orang pemenang, Juara 1, 2, 3 dan Harapan 1, 2, dan 3 untuk membawa pulang Thophy dan Voucher Belanja yang telah disiapkan panitia,” tambahnya.

Informasi yang dihimpun palpres.com, peserta asal SD MIS MIFTAHULULUM Pangkalan Balai Banyuasin, Rafif berhak mendapatkan juara pertama dengan cerita Putri Biyuku. Kemudian disusul Danisha dari SDN 164 Palembang juara kedua, dan Aliya dari MI Darussalam palembang mendapatkan juara ketiga.

Selanjutnya, Kanza SDN Banyuasin mendapatkan juara harapan pertama, Ica dari Sekolah Pinggiran Sriwijaya juara harapan kedua, dan Aurel SD IGM mendapatkan juara harapan ketiga.

BACA JUGA:BPNB Sumbar Kolaborasi dengan Kampung Dongeng dalam Melestarikan Permainan Tradisional

“Dengan dilaksanakan lomba ini, diharapkan budaya mendongeng bisa hadir kembali di tengah keluarga, dan masyarakat,” harapnya.

Seperti diketahui, Kampung Dongeng Indonesia adalah komunitas sosial yang secara terus menerus melaksanakan gerakan mendongeng demi terwujudnya anak-anak Indonesia yang ceria, cerdas dan berkarakter baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: