Citra Land Palembang

Samtan Gas dan Masyarakat Anak Petai Akhirnya Damai

 Samtan Gas dan Masyarakat Anak Petai Akhirnya Damai

PRABUMULIH, PALPRES.COM – Keributan buah dari kesalahpahaman antara pihak PT Perta Samtan Gas dengan warga Kelurahan Anak Petai yang nyaris memicu aksi demo, akhirnya berakhir dengan damai.

Hal itu tercapai, setelah pihak Kelurahan dan Polsek Prabumulih Barat melakukan mediasi dengan cara musyawarah antara kedua pihak.

Musyawarah yang dilaksanakan di Kantor Lurah Kelurahan Anak Petai Kecamatan Prabumulih Utara tersebu,t mempertemukan pihak Humas PT Perta Samtan Gas, Hari Maradona, dan beberapa masyarakat yang tersinggung dengan statement pihak perusahaan.

Menurut Kapolsek Prabumulih Barat Iptu A Rafiq SIP, mediasi yang digelar oleh pihak kepolisian, ditujukan agar diantara masyarakat dan pihak Samtan  tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: Program JKN-KIS di Kota Prabumulih per Juni 2022 Capai 99.71%

“Terkait permasalahan miskomunikasi antara pihak perusahaan dan masyarakat, kami sebagai penegak hukum tentu mengambil jalan tengah agar permasalahan ini jangan berlarut-larut dan dapat mengganggu stabilitas Kamtibmas,” terang Kapolsek akhir pekan kemarin.

Kapolsek Iptu A Rafiq berharap, agar semua bisa diselesaikan dengan damai. 

"Alhamdulillah, tadi sudah didapatkan kesepakatan antara warga anak petai dan perusahaan Samtan Gas, yang nanti akan dituangkan dalam bentuk resume yang akan dijalani dan diindahkan bersama kedua belah pihak,” tambahnya seraya mengatakan, akan ada ‘tepung tawar’ dari perusahaan terhadap warga.

Sementara itu, Hari Maradona selaku Humas PT Perta Samtan Gas menyampaikan kata maaf atas segala ucapannya yang telah memantik kemarahan bagi warga Anak Petai.

BACA JUGA: Wako Prabumulih Terus Perjuangkan Nasib Honorer

"Tadi juga sudah kami sampaikan permintaan maaf atas ucapan kami, yang mungkin menyinggung perasaan warga anak petai,” ujarnya.

Kedepannya, dia berjanji akan bersinergi dengan masyarakat sekitar, dan akan memberikan bantuan-bantuan bagi warga ring 1, seperti pengairan, dan juga memberikan bantuan CSR.

Terpisah, koordinator aksi massa Calik dan Artur Kaunang saat diwawancarai awak media mengatakan, telah sepakat dengan apa yang disampaikan oleh pihak Samtan Gas. 

"Kita sebagai masyarakat ring 1 yakni warga RT 03 RW 02 kelurahan Anak Petai berharap kedepannya pihak perusahaan dapat bersinergi dengan kami, sebagai masyarakat tempat perusahaan berdiri,” harap Calik.

Sumber: palpres.com