Honda

Bahaya Makan Siang Sambil Bekerja Bagi Tubuh

Bahaya Makan Siang Sambil Bekerja Bagi Tubuh

JAKARTA, PALPRES.COM – Kesibukan dalam bekerja membuat sebagian orang melupakan makan siang. Bahkan, tidak sedikit juga para karyawan atau pegawai memanfaatkan waktu makan siang sambil bekerja.

Seperti artikel yang dipublikasikan lewat laman halodoc, kebiasaan makan siang sambil bekerja dapat meningkatkan risiko obesitas, yang akhirnya dapat memicu berbagai penyakit serius.

Artikel yang sudah ditinjau oleh dr. Fadhli Rizal Makarim, menjelaskan, makan sambil bekerja biasanya membuat orang lupa jika makanannya sudah habis. Hal ini membuat cenderung tidak merasa cukup kenyang, dan akhirnya menambah porsi makan. Kondisi ini sama halnya dengan makan sambil berkumpul dengan teman-teman atau bermain gawal.

Jika hal ini dijadikan kebiasaan, bukan tidak mungkin jika risiko obesitas meningkat. Padahal, obesitas dapat menjadi akar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

BACA JUGA:Awas Hepatitis Akut, Awasi Pola Makan Anak!

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition juga menyebutkan bahwa ketika seseorang fokus untuk makan tanpa mengerjakan hal lain, ia cenderung makan lebih sedikit, dibandingkan orang yang makan sambil bekerja atau melakukan aktivitas lain.

Selain itu, bagi orang yang bekerja dengan menatap layar komputer seharian, memanfaatkan waktu istirahat makan siang untuk mengistirahatkan mata dan otak adalah hal yang baik. Jadi, setelah jam istirahat selesai, kamu dapat kembali merasa segar dan bisa bekerja dengan fokus lagi.

Jika kamu tetap bekerja saat jam istirahat makan siang, otak akan jadi cepat lelah. Duduk terlalu lama juga memperlambat metabolisme, sehingga berpotensi terkena diabetes dan penyakit jantung. Jadi, ketika jam makan siang tiba, tinggalkanlah pekerjaan sejenak untuk fokus makan.

Tips Makan Siang Sehat di Kantor

BACA JUGA:Jangan Berlebihan, Berikut Tiga Makanan Tidak Sehat

Supaya terhindar dari risiko obesitas akibat kebiasaan makan yang buruk, hindari makan sambil bekerja. Selain itu, terapkan juga beberapa tips berikut:

1.Bawa Bekal Makan Siang dari Rumah

Makanan yang dimasak sendiri tentunya lebih sehat, karena kamu tahu apa saja bahan yang digunakan dan bagaimana mengolahnya. Oleh karena itu, jika memungkinkan, bawalah bekal makan siang dari rumah.

2.Perhatikan Menu Makanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: