Honda

Antisipasi Karhutla, Babinsa dan Manggala Agni Laksanakan Patroli Bersama

Antisipasi Karhutla, Babinsa dan Manggala Agni Laksanakan Patroli Bersama

LAHAT, PALPRES.COM - Memasuki musim kemarau di Kabupaten Lahat, rentan akan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Anggota Babinsa Koramil 405-02/Merapi dan Tim Manggala Agni melakukan patroli di titik yang memang rawan dan rentan terjadi kebakaran.

"Betul, anggota kita bersama Manggala Agni turun ke lapangan, melakukan monitoring langsung terhadap kawasan hutan yang ada di Merapi Area," jelas Danramil 405-02/Merapi, Kapten Inf Sudarno, Jumat (8/7/2022).

Sudarno menambahkan, terjadinya karhutla tidak lain, akibat ulah tangan manusia juga, terutama bagi mereka yang ingin membuka lahan perkebunan dengan cara membakar.

BACA JUGA:Babinsa Koramil 405-02/Merapi Puldater dan Letakan Batu Pertama

"Hal ini, harus segera diantisipasi sejak dini, tidak hanya Babinsa, bhabinkamtibmas dan Manggala Agni saja, melainkan tugas dari kepala desa (Kades), BPD, tomas, toga dan Todat untuk memberitahukan kepada warga untuk tidak membakar lahan," jelasnya.

Oleh sebab itu, sambung dia, sekiranya kepada penduduk desa, untuk tidak bertindak gegabah, karena ada sanksi denda dan jeratan hukum berupa kurungan penjara.

"Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian dan keberlangsungan kehidupan hutan, jangan asal membakar lahan," tegas Sudarno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: