Honda

Duar! Pesawat Kargo Ukraina Jatuh di Yunani, Disebut Bawa Amunisi

Duar! Pesawat Kargo Ukraina Jatuh di Yunani, Disebut Bawa Amunisi

ATHENA, PALPRES.COM - Pesawat kargo Ukraina, Antonov An-12, jatuh di dekat Kota Kavala, Yunani Utara pada Sabtu (16/7/2022) malam. Pesawat itu disebut membawa amunisi. 

Dilansir dari The Guardian, Minggu (17/7/2022), pesawat kargo itu disebut bertolak dari Serbia menuju Yordania. Pilot kemudian meminta izin mendarat darurat di dekat Bandara Kavala, karena masalah mesin. Tetapi kemudian pesawat kehilangan sinyal. 

Berdasarkan pantauan dari rekaman video yang diunggah melalui ertnews.gr, terlihat pesawat yang terbakar menukik dengan cepat sebelum menghantam tanah dan kemudian meledak.

Petugas pemadam kebakaran mengaku tidak dapat mengonfirmasi jenis pesawat, tetapi mengatakan ada laporan awal bahwa terdapat delapan orang di dalamnya.

Otoritas Penerbangan Sipil Yunani mengatakan, pilot berhasil memperingatkan pihak berwenang tentang masalah di salah satu mesin pesawat dan dia diberi pilihan mendarat di bandara Thessaloniki atau Kavala. Pilot pun memilih Kavala yang lebih dekat dan mengatakan akan melakukan pendaratan darurat.

Komunikasi dengan pesawat berhenti segera setelah itu. Kemudian, pesawat itu diketahui jatuh sekitar 40 kilometer di barat bandara.

"Kami mendengar ledakan sampai beberapa menit yang lalu. Saya sekitar 300 meter dari lokasi kecelakaan," ujar Walikota Paggaio Filippos Anastassiadis satu jam usai jatuhnya pesawat.

Tidak jelas apa isi kargo pesawat itu, tapi kemungkinan membawa amunisi. Polisi setempat bahkan meminta awak media yang meliput di lokasi untuk menggunakan masker.

"Anda perlu pergi dari sini untuk keselamatan anda. Ada informasi bahwa pesawat itu membawa amunisi," kata salah satu petugas pemadam kebakaran di lokasi. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: