Honda

Jaga Ekosistem Sungai, Bupati Lahat dan Gubernur Sumsel Tabur Ribuan Benih Ikan

Jaga Ekosistem Sungai, Bupati Lahat dan Gubernur Sumsel Tabur Ribuan Benih Ikan

LAHAT, PALPRES.COM- Bupati Lahat, Cik Ujang SH bersama Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru SH MM lakukan penebaran ribuan bibit berbagai jenis ikan.

Hal itu untuk menjaga dan kelestarian habitat atau ekosistem di perairan Sungai Saling lubuk, di Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat.

Bupati Lahat, Cik Ujang SH mengatakan, kondisi ikan di sepanjang sungai tidak seperti dulu lagi banyaknya. 

"Dimasa saya kecil, saat pulang sekolah masih gampang mendapatkan berbagai jenis ikan di sungai, namun sekarang sangat susah, ini banyak faktor penyebabnya, juga karena adanya setrum dan racun ikan," katanya.

BACA JUGA:Ribuan Kendaraan Dinas Pemkab Lahat Dicek Fisik dan Pajak, Kendaraan Rusak Akan Dilelang

Namun, sambung dirinya, di Kabupaten Lahat, baik di kecamatan ataupun desa seperti di Kikim Area, sudah membuat Lubuk Larangan yang tidak boleh memancing, menjala apalagi dengan menyetrum bahkan meracun ikan dengan cara memutar.

"Adanya Sungai Lubuk Larangan ini kelestarian ikan dapat di jaga, nantinya juga dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar, apakah satu tahun sekali untuk menangkap ikan bersama-sama di sungai Lubuk Larangan ini,” ungkap Cik Ujang. 

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sumsel, H Herman Deru mengatakan adanya Lubuk Larangan tentunya ekosistem yang ada di sungai akan terus terjaga, keluhuran dari nenek moyang inilah yang mesti dipelihara secara kontinyu.

"Kearifan lokal seperti ini, harus dipertahankan karena untuk meminimalisir kepunahan habitat sungai, dengan menjaganya sampai kapan pun itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: