Honda

Kolaborasi Kilang Pertamina Plaju dan English Camp, Meriahkan Hari Anak Nasional di Kampung Pandai Inspiratif

Kolaborasi Kilang Pertamina Plaju dan English Camp, Meriahkan Hari Anak Nasional di Kampung Pandai Inspiratif

PALEMBANG, PALPRES.COM- Anak-anak di Kecamatan Plaju, Kota Palembang tampak bergembira di taman edukasi binaan PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju).

Mereka bersorak sorai dan sumringah dihibur dengan dongeng tentang tempe, makanan tradisional kaya gizi khas Indonesia.

Sudah empat kali pertemuan yang mengundang puluhan anak-anak di akhir pekan itu digelar sejak akhir Juni lalu. Mereka diedukasi beragam hal yang diperlukan selama masa bertumbuh, mulai dari menjaga kesehatan tubuh dengan makanan yang bergizi, menjaga kebersihan diri dengan cuci tangan dan menggosok gigi, siap siaga bila terjadi bencana kebakaran, sampai pendidikan dini menghindari pelecehan seksual.

Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju, Siti Rachmi Indahsari mengatakan, kegiatan yang dibalut dalam tajuk Kampung Pandai Inspiratif itu merupakan bentuk kepedulian perusahaan pada momen Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli. 

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Gandeng Universitas PGRI Palembang Gaungkan Sitangkas Cindo

“Hari ini kita turut memeriahkan Hari Anak Nasional 2022, mengedukasi anak-anak di sekitar perusahaan dengan cara yang kreatif dan menyenangkan,” ujarnya.

Dan yang membuat para anak-anak usia 5-15 tahun itu antusias datang adalah kegiatannya yang tidak hanya diisi dengan aktivitas belajar, namun juga diajak bermain pada saat yang sama. 

Metode belajar dengan gaya kinestetik pun diterapkan agar pesan edukasi yang disampaikan kepada mereka dapat diingat dalam waktu yang lama, misalnya dengan memperkenalkan Tepuk Tempe yang liriknya edukatif.

Gerakan pencerdasan yang diinisiasi sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility/Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (CSR/TJSL) Kilang Pertamina Plaju ini berkolaborasi dengan English Camp, sebuah gerakan sosial yang asuhan Najmah, SKM, PhD, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sriwijaya (Unsri) bersama para mahasiswinya yang menjadi penggerak English Camp, yang sebelumnya aktif digelar di Kelurahan 13 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II, Kota Palembang.

Karena kesamaan visi, Kilang Pertamina Plaju melalui program CSR/TJSL PATRA Academy akhirnya sepakat berkolaborasi menduplikasi kegiatan serupa untuk mengaktivasi Taman Edukasi Pertamina yang beralamat di Kelurahan Talang Putri, Kecamatan Plaju, yang berada tepat di belakang Komperta Plaju. 

Tim yang dilebur dalam English Camp Plaju berjumlah 30 volunteer itu kemudian memulai aktivitas perdananya pada 25 Juni lalu, dalam rangka mengisi hari libur anak-anak di sekitar Taman Edukasi. Pada sela-sela kegiatan, para anak-anak juga diajarkan Bahasa Inggris dasar.

Tina (33), berharap kegiatan edukatif seperti ini diadakan berkelanjutan dan bisa dirasakan manfaat oleh anaknya. “Pengen kalau bisa diadakan terus sih, karena kegiatan ini positif untuk anak-anak,” ujarnya. 

Anaknya, Nur Anisa (6), yang baru akan duduk di kelas 1 SD, datang secara antusias atas kemauan sendiri. “Anak saya sendiri yang mau, setelah waktu itu ada pengumuman dari Pak RT,” ujarnya yang tinggal di Kelurahan Talang Putri. Apalagi menurutnya konten yang diajarkan sangat mendidik untuk anak-anak.

BACA JUGA:Kolaborasi Kilang Pertamina Plaju dan Universitas PGRI Palembang Luncurkan Kurikulum Siaga Bencana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: