Honda

Jaga Ketahanan Pangan, Babinsa Lakukan Ini

Jaga Ketahanan Pangan, Babinsa Lakukan Ini

Anggota Babinsa Koramil 405-06/Muara Pinang, Sertu Kasiman memantau perkembangan tanaman jagung di lahan petani, Sabtu (30/7/2022).-Foto: Koramil 405-06/Muara Pinang -

LAHAT, PALPRES.COM - Program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurrahman SIP serentak di seluruh Indonesia tentunya akan memberikan efek positif dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat.

"Untuk itulah, anggota kita terjun ke lahan pertanian jagung yang menjadi program andalan ketahanan pangan di teritorial Kodim 0405/Lahat," jelas Danramil 405-06/Muara Pinang, Kapten Inf Agus Subakto, Sabtu (30/7/2022).

BACA JUGA:Babinsa Koramil 405-02/Merapi Latih Pengibar Bendera HUT RI

Agus Subakto menambahkan, dengan nantinya panen raya, akan membantu masyarakat untuk memberikan asupan makanan pokok selain beras.

"Inilah yang mesti kita laksanakan, sehingga kebutuhan pangan di tengah masyarakat mampu memberikan kontribusi positif," tukasnya.

Sementara itu, Dandim 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP melalui Pasiter, Kapten Inf Bambang Nur Ragil membenarkan, untuk program ketahanan pangan ini, ada tiga wilayah yang ditanamkan bibit jagung dengan total lahan mencapai 17,5 hektar (Ha).

"Di Lahat ada 5 Ha, Kota Pagaralam tersedia 5,5 Ha, dan Kabupaten Empat Lawang 7 Ha. Bukan hanya ditanam di lahan TNI, tapi bekerjasama dengan petani," ucapnya.

Dirinya berharap, apabila panen raya nanti bisa membantu penduduk sekitar termasuk petani, supaya mereka bisa mengonsumsi atau menjual jagung di pasaran.

"Di sinilah yang harus kita lakukan, agar bibit jagung yang telah ditebar bisa menjadi makanan pokok selain beras, baik dikonsumsi sendiri atau dijual untuk menyukseskan program ketahanan pangan," tegas Bambang Nur Ragil. BRN

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: