Honda

Tenaga Ahli Bimbing Kelompok Swadaya Masyarakat Hasilkan Roastbean Terbaik

Tenaga Ahli Bimbing Kelompok Swadaya Masyarakat Hasilkan Roastbean Terbaik

Tenaga ahli yang berpengalaman di bidang roasting dan green bean memberikan ilmunya di Rumah Produksi Kopi Candi Jaya, Kecamatan Dempo Tengah.-Eko Wahyudi-Palpres.com

PAGARALAM, PALPRES.COM– Proses pengolahan kopi bagi puluhan kelompok swadaya masyarakat (KSM) rumah produksi kopi di PAGARALAM terus diasah. 

Tenaga ahli yang berpengalaman di bidang roasting dan green bean memberikan ilmunya di Rumah Produksi Kopi Candi Jaya, Kecamatan Dempo Tengah.

Sesi Radial, pemateri pelatihan mengatakan, peserta diberikan pengetahuan mengenai pengenalan fisik kopi dan mesin pengolahan kopi.

"Peserta dilatih penggunaan mesin roasting atau sangrai,” kata Sesi. 

BACA JUGA:Buruan Daftar Program Subsidi Tepat Sasaran Pertamina

Dia juga memberikan tips, menghasilkan roasting bean sesuai yang diinginkan. Mulai dari kadar air green bean, dan suhu mesin roasting. “Ada beberapa warna roasting bean yang diinginkan mulai dari light, medium, dark ,” ucap dia seraya mengatakan baiknya hasil roasting bisa dicoba untuk mengetahui cita rasanya.

Tidak cukup di situ, biji kopi tidak sebatas diroasting. Untuk pemasarannya perlu kemasan dan ada beberapa jenis cara dan bahan untuk pengemasan. 

"Dengan penambahan bekal roast bean ini diharapkan para penggiat kopi dapat semakin berkembang," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: