Honda

Sudah 1.538 Jemaah Haji Sumsel Kembali ke Tanah Air

Sudah 1.538 Jemaah Haji Sumsel Kembali ke Tanah Air

Jemaah haji Indonesia asal Sumsel menjalani rapid tes. Hingga kini sudah ada 1.538 jemaah yang kembali ke tanah air.-Foto: Humas Kemenag Sumsel-Palpres.com

PALEMBANG,PALPRES.COM - Saat ini, jemaah haji Sumsel yang kembali ke tanah air sudah 1.538 orang.

Mereka tergabung dalam  kelompok terbang (kloter) 4 debarkasi Palembang kembali ke tanah air, Ahad (7/8).

Kloter 4 ini merupakan jemaah asal kabupaten Muaraenim, kabupaten Empat lawang, kabupaten PALI, Provinsi Bangka Belitung.

Kloter 4 pada saat berangkat berjumlah 450 orang, namun ketika kembali ke tanah air berjumlah 448 orang.

BACA JUGA:Penyambutan Jemaah Haji Ogan Ilir Diprediksi Lebih Lama

Hal ini dikarenakan 1 orang melakukan Tanazul ke kloter 1 atas nama Tartib Supari Darjo asal Kabupaten OKUT dan 1 orang wafat di Madinah atas nama Siti Asiah Aziz asal Pangkal Pinang provinsi Bangka Belitung.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan selaku ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Palembang melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh selaku Sekretaris PPIH H. Armet Dachil menjelaskan bahwa 1 orang yang Tanazul merupakan jama'ah asal kabupaten OKU Timur sedangkan jama'ah haji yang wafat merupakan jemaah haji asal kota Pangkal pinang Provinsi Bangka Belitung yang wafat di KKHI Madinah pada 5 Agustus 2022.

"Kita doakan jama'ah yang wafat tersebut Khusnul khatimah dan hajinya mabrur. Sebab sebagaimana kita ketahui bahwa almarhumah telah menyelesaikan rangkaian ibadah haji. Selain itu wafat ditanah suci terlebih usai melaksanakan ibadah haji merupakan kebanggaan bagi mayoritas umat muslim di seluruh belahan dunia," Ujar Armet.

Selanjutnya, prosesi penyambutan jemaah di asrama haji dipimpin oleh kepala bagian tata usaha kanwil kemenag sumsel H. Abadil mewakili kakanwil kemenag sumsel.

BACA JUGA:66.357 Jemaah Haji TIba di Tanah Air

Abadil dalam sambutanya mengatakan dengan masuknya jemaah kloter 4 asal sumsel yang berjumlah 189 orang maka sebanyak 1.538 orang jemaah telah kembali ke tanah air. Ia mengingatkan supaya jamaah haji yang telah menunaikan rukun Islam ke lima agar menjaga kemabruran hajinya.

"Segala perbuatan baik dan amalan yang dikerjakan di Tanah suci hendaknya diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari mulai hari ini hingga seterusnya," ujar Abadil.

Turut hadir dalam penyambutan jamaah haji sumsel di Asrama Haji Debarkasi Palembang Kepala Kemenag Kota Palembang H. Deni Priansyah, Kepala Kemenag Kabupaten Muara Enim H. Azhari, Perwakilan pemerintah provinsi sumatera selatan dan seluruh Panitia Haji Debarkasi Palembang.

Sementara jemaah asal provinsi Babel yang berjumlah 259 orang disambut oleh tim PPIH Bangka Belitung di bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan bersiap langsung melanjutkan perjalanan ke daerahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: