Honda

7 Lomba Permainan Tradisional Selesai Terlaksana di Museum Subkoss

7 Lomba Permainan Tradisional Selesai Terlaksana di Museum Subkoss

Peserta bermain gobak sodor pada lomba permainan tradisional di Museum Perjuangan Garuda Sriwijaya Subkoss, Kota Lubuklinggau. -Foto: Fran Kurniawan/Palpres.com-Palpres.com

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Ratusan siswa SMP dan SMA sederajat di Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas, dan Kabupaten Musi Rawas Utara mengikuti 7 tangkai lomba permainan tradisional, yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi 

Sumsel melalui UPTD Museum Negeri Sumsel di Museum Perjuangan Garuda Sriwijaya Subkoss, Kota Lubuklinggau. 

Peserta terlihat antusias dan senang mengikuti perlombaan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, Rabu (10/8/2022).

 BACA JUGA:Bentuk Karakter Anak Dari Permainan Tradisional

Lomba permainan tradisional dimulai dengan memainkan permainan congklak. Ada ratusan peserta yang ambil bagian. Di hari terakhir ini, juga dipertandingkan permainan gobak sodor atau cabut.

"Besok dimulai lomba tari kreasi tradisional. Ada 20 sanggar yang ikut serta. Mereka berasal dari Lubuklinggau, Musi Rawas, Muratara, Muba, OkU Selatan, Empat Lawang, dan Lahat. Tema besar tari yang dibawakan adalah Akulah Sriwijaya," ujar Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel H Chandra Amparyadi melalui Kepala Unit Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya, Eva Kusmalwati.

BACA JUGA:Hari Kemerdekaan, Berbagai Lomba dan Permainan Tradisional di Gelar

Adapun tangkai lomba permainan tradisional, yaitu bakiak, egrang batok, congklak, balap ban, yeye karet, cak engkleng dan gobak sodor.

"Pelaksanannya mulai 5 sampai 9 Agustus 2022. Lomba permainan tradisional menjadi agenda rutin setiap tahun di Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya, dengan tetap melaksanakan protokol Covid-19," pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: