Honda

Hasil Panen Kopi Merosot, Hajatan Pernikahan Ikut Turun

Hasil Panen Kopi Merosot, Hajatan Pernikahan Ikut Turun

Kepala Seksi Bimas Islam Kementrian Agama Pagaralam Sumaji-Eko Wahyudi-Palpres.com

PAGARALAM, PALPRES.COM- Meskipun hampir setiap pekan ada saja perayaan dan pesta pernikahan di Kota PAGARALAM ternyata dalam beberapa tahun terakhir terjadi penurunan jumlah pernikahan

Diketahui panen kopi di Kota Pagaralam yang menurun ikut berdampak dengan jumlah pernikahan. Berkebun kopi merupakan mata pencaharian utama di Kota Pagaralam, namun dalam tiga tahun terakhir hasil panen kopi menurun. 

Kurangnya hasil panen membuat hajatan pernikahan menurun, dari data Kemenag Pagaralam pada tahun 2019 berjumlah 1.146, pada tahun 2020 berjumlah 1.140  pada tahun 2021 sebanyak 1.068 dan sementara sampai pertengahan tahun pada Juni hanya 423 pasang pengantin. Jumlah tahun ini pun belum sampai setengah tahun lalu. 

BACA JUGA:Wabup Lepas Kontingen Jambore Nasional Banyuasin

BACA JUGA:Tindak Lanjuti Pertemuan Dengan Menpan, Pemkab Ogan Ilir Lakukan Rapat Koordinasi

Kepala Seksi Bimas Islam Kementrian Agama Pagaralam Sumaji mengatakan panen kopi sangat memengaruhi jumlah pernikahan di Kota Pagaralam ditambah lagi pengaruh pandemi covid tahun lalu membuat masyarakat masih berpikir melaksanakan pernikahan. 

Tetapi ditambahkanya bisa saja orang yang akan menikah memilih di luar kota Pagaralam. Dirinya juga mengimbau bagi yang akan melangsungkan pernikahan agar tetap menjalankan protokol kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: