Honda

Cek Ari Beri Tips Buat UMKM

Cek Ari Beri Tips Buat UMKM

Pemenang Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah, Cek Ari, memberikan tips buat UMKM dalam Ngobrol Bareng Asosiasi Pengusaha Pempek Palembang (ASPPEK) dalam rangkaian Festival Budaya Nusantara 2022, di Atrium OPI Mall, Rabu (17/08/2022).-Foto: Alhadi Farid/palpres.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Yunita Rahma Sari atau Cek Ari, pemenang Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah memberikan tips buat UMKM. Tips ini disampaikannya  dalam kegiatan Ngobrol Bareng Asosiasi Pengusaha Pempek Palembang (ASPPEK) dalam rangkaian Festival Budaya Nusantara 2022, di Atrium OPI Mall, Rabu (17/08/2022).

Dalam kegiatan ini, Cek Ari memberikan pengalamannya agar usaha UMKM bisa naik kelas ke tingkat nasional. Menurut Cek Ari, usaha kuliner lokal harus mendapat dukungan dari pemerintah agar bisa dikenal oleh masyarakat nasional.

"Pemerintah berkeinginan UMKM lokal bisa maju tanpa memikirkan keuntungan bisnis. Namun bagi perusahaan yang mendukung UMKM, mereka memikirkan bagaimana produk mereka naik, UMKM juga naik," ujarnya.

Owner Gudang Makanan Ringan (GMP) ini juga memberikan tips bagi UMKM pemula. Menurut Cek Ari, persaingan bisnis kuliner saat ini semakin kompleks. Oleh sebab itulah, pelaku UMKM harus mampu mengikuti perkembangan agar tidak tergerus.

BACA JUGA:Pasca Pandemi, SMB IV Ajak UMKM di Sumsel Bersatu dan Bangkit

"Seperti usaha pempek, pengusaha pempek yang tergabung di dalam ASPPEK ada 250 UMKM, itu belum termasuk usaha pempek di luar ASPPEK. Dengan banyaknya usaha tersebut persaingannya juga semakin ketat, untuk itulah harus ikut perkembangan," jelasnya.

Selain itu, pengusaha juga harus memiliki kreativitas dan inovasi. Dengan begitu, walaupun bidang bisnisnya sama namun tetap ada pembeda dengan bisnis orang lain.

"Misal dari cara penjualannya, sekarang sudah dunianya digital. Namun begitu, pengusaha tidak hanya sekedar di sosmed saja namun ada kreativitasnya. Dengan harapan kedepan bukan hanya bisnis online tapi bisa melakukan strategi lain yang bisa memajukan bisnis dia. Melalui konten kreator, misalnya tutorial membuat pempek, bagaimana memulai bisnis dan laninnya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: