Honda

DPKPPB Lubuklinggau Gelar Sosialisasi Edukasi Kesiapsiagaan Bencana

DPKPPB Lubuklinggau Gelar Sosialisasi Edukasi Kesiapsiagaan Bencana

Asisten I Setda Kota Lubuklinggau Bersama Kepala DPKPPB Lubuklinggau berfoto bersama dalam sosialisasi dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana bagi siswa-siswi SMA Sederajat. -Frans Kurniawan Palpres.com-

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Guna memberikan pemahaman bagi siswa-siswi tingkat SMA/SMK/MA se Kota Lubuklinggau dalam menghadapi kesiapsiagaan terhadap bencana. Dinas Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Penanggulangan Bencana (DPKPPB) menggelar sosialisasi komunikasi, informasi dan edukasi, agar menciptakan sekolah aman dari bencana, di aula pertemuan Hotel Dewinda Lubuklinggau.

Kegiatan itu, dibuka secara langsung Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Lubuklinggau, Kahlan Bahar didampingi Kepala DPKPPB, H Lutfi Ishak. 

Dalam arahannya, Kahlan Bahar mengatakan saat terjadi bencana alam seperti gempa bumi, banjir dan tanah longsor pasti menimbulkan kerugian, meskipun Lubuklinggau bukan kota rawan bencana.

Namun perlu diketahui, Kota Lubuklinggau rawan akan banjir dan angin puting beliung. Kondisi ini perlu diketahui oleh para siswa agar mereka selalu siap siaga dan tanggap bencana sekaligus menjadi pelopor bagi siswa lain agar ikut berperan aktif dalam penanggulangan bencana tersebut.

Sementara itu, H Lutfi Ishak dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan ini tak lain agar para peserta (siswa) mengetahui profil bencana Kota Lubuklinggau, mitigasi bencana, sistem manajemen dasar bencana, SAR rescue, water rescue dan vertikal rescue. 

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini para siswa dapat mengetahui peran mereka dalam pencegahan dan penanganan pertama terhadap bencana sekaligus dapat mengimplementasikannya terutama dilingkungan sekolah masing-masing.

Selain itu para peserta juga diharapkan dapat mengajak siswa lain untuk berperan aktif menjadi pelopor dan peduli terhadap sekolah aman dari bencana. Peserta sosialisasi sebanyak 40 orang utusan dari 10 SMA sederajat yang ada di Kota Lubuklinggau. JEJE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: