Honda

Harga Pertalite Berpotensi Naik, Simak Tips Berikut Agar Tetap Hemat Konsumsi Bahan Bakar

Harga Pertalite Berpotensi Naik, Simak Tips Berikut Agar Tetap Hemat Konsumsi Bahan Bakar

Pertamina menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai 1 November 2022 lalu untuk jenis Pertamax Turbo, yang turun menjadi Rp14.300 dari sebelumnya Rp14.950.--Dok Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel

JAKARTA, PALPRES.COM - Dalam beberapa bulan terakhir telah terjadi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) termasuk untuk pasar di Indonesia yang disebabkan oleh kenaikan harga minyak bumi.

Seiring dengan naiknya harga tersebut, BBM jenis Pertalite bisa dibilang sebagai salah satu jenis bahan bakar yang paling populer dan banyak diminati.

Salah satu faktor utamanya disebabkan oleh harga Pertalite yang berada di bawah harga pasar dikarenakan adanya subsidi dari pemerintah dalam memastikan harga dapat terjangkau oleh seluruh masyarakat. 

BACA JUGA: Siap-siap Ya, Harga BBM Disinyalir Pekan Depan Naik

BACA JUGA:Program Subsidi Pertalite Masih Dibuka, Berikut Link Pendaftarannya

Baru-baru ini, ada wacana dari pemerintah untuk melakukan penyesuaian dengan menaikkan harga BBM jenis Pertalite yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Penyesuaian tersebut diharapkan dapat menahan subsidi konsumsi penggunaan BBM dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang tahun ini mencapai Rp 502,4 triliun.

Tentunya apabila kenaikan harga Pertalite direalisasikan akan berpengaruh kepada seluruh pengendara di Indonesia, dimana masyarakat perlu mengeluarkan biaya ongkos yang lebih besar untuk konsumsi bahan bakar minyak.

Sebagai salah satu solusi untuk menekan biaya tersebut, Lifepal.co.id, salah satu insurance marketplace terdepan di tanah air, membagikan tips yang dapat membantu dalam mengirit bahan bakar selama berkendara.

Berikut simak penjelasan lebih detail dari Benny Fajarai, Co-Founder dari Lifepal.co.id. 

1. Jaga kecepatan kendaraan secara konstan. 

Agar bahan bakar mobil kamu tetap irit, sebaiknya kendarai mobil dengan hati-hati dan tidak perlu agresif. Hindari terlalu menekan pedal gas, menginjak pedal gas seperlunya bisa membuat bahan bakar jadi lebih irit dan terkontrol.

Sebaiknya hindari juga kebiasaan mengerem mendadak atau mengendarai dengan kecepatan tinggi karena bisa membuat bahan bakar cepat habis. Tak ada salahnya untuk mencoba mengatur kembali kecepatan mengemudi kamu.

Intinya, tetap jaga laju kendaraan konstan atau tidak berubah drastis untuk menghemat bahan bakar. Hal ini pun akan membantu kamu lebih aman berkendara di jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com