Honda

Sang Juara Bakal Roadshow ke Daerah di Sumsel

Sang Juara Bakal Roadshow ke Daerah di Sumsel

SANG JUARA - Kadisbudpar Sumsel, Dr H Aufa Syahrizal bersama Ketua Masyarakat Sadar Wisata Herlan Aspiuddin, Ketua Paguyuban Pawargo Reog Ponorogo Sumsel, Mujianto dan Kepala Museum Negeri Sumatera Selatan, H Chandra Amprayadi saat mencoba bermain Sang Ju-Foto: Alhadi Farid/palpres.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Lomba Sang Juara dengan tema “Payo ke Museum” tingkat SMA/SMK/MA bakal roadshow ke daerah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Sumsel, Dr H Aufa Syahrizal saat membuka lomba sang juara tahun keempat di Auditorium Museum Balaputera Dewa, Selasa , 6 September 2022.

Dalam sambutannya Dr Aufa menyarankan lomba sang juara payo ke museum tahun berikutnya dapat dilaksanakan di tingkat Kabupaten/Kota di Sumsel.

Dengan tujuan dapat mencari dan menggali potensi pelajar yang berkualitas sehingga bisa menjadi kebanggaan dan andalan Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Sang Juara

“Untuk penyeleksiannya bisa dilakukan di Kabupaten/Kota sehingga para pelajar dapat mengenal dan mengetahui tentang museum bukan hanya menyimpan benda tua tapi juga mengedukasi apalagi setiap tahunnya koleksi museum bertambah,” jelasnya.

Dia menambahkan, nantinya setiap pemenang tingkat Kab/Kota akan diambil 10 juara kemudian di adu di tingkat provinsi sehingga tingkat kompetitifnya lebih terasa.

“Ini merupakan kegiatan positif yang harus di apresiasi dan dilanjutkan karena ini wujud nyata kontribusi museum dalam melestarikan kebudayaan bangsa,” jelasnya.

Seperti diketahui, lomba yang melibatkan 36 sekolah tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini, berbentuk jawaban Benar dan salah.

BACA JUGA:Pembuatan Soal Rampung, Sang Juara 'Payo ke Museum' Siap Digelar

Pada hari pertama peserta dari SMA Negeri 13 Palembang dan SMA Negeri 1 Palembang terlihat antusias menjawab soal tanya jawab yang di lontarkan pembawa acara yang terdiri dari soal Permuseuman 40 persen, soal Sejarah Indonesia kurikulum 13 30 persen, dan soal Sejarah Lokal, Kebudayaan, serta pengetahuan umum 30 persen.

Juara Pertama SMA Negeri 1 Palembang, Wahid Putera Jatniko mengaku bahagia bisa mewakili sekolahnya untuk berlaga di tingkat Sumsel dalam babak grandfinal pada 20 Oktober 2022 mendatang.

“Jujur tidak menyangka, tapi karena sudah menjadi juara Insya Allah akan melakukan persiapan hingga pada grand final nantinya. Sehingga diharapkan bisa mengharumkan nama sekolahnya di tingkat provinsi Sumatera Selatan,” harapnya.

Pemenang Lomba Sang Juara “Payo ke Museum” 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: