Honda

Sejarah DPRD Kota Palembang (Bagian Keduabelas)

 Sejarah DPRD Kota Palembang (Bagian Keduabelas)

Jalan Tengkuruk Palembang tempo dulu -https://palmboom-divisie.nl-palpres.com

Oleh Dudy Oskandar 

(Jurnalis dan Peminat Sejarah Sumatera Selatan)  

 

PADA kurun waktu DPRD hasil Pemilu (1958-1960) dan kurun waktu DPRD GR, menurut koran Fikiran Rakyat (Palembang 14 November 1961) Menuliskan : 

“Sejak pengangkatannya menggantikan Mr. Sudarman Gandasubrata, Ali Amin telah menempuh 4 fase sebagai Walikota /KDH , Fase DPRD Sementara (1955-1956), fase DPRD peralihan (1956-1958), fase DPRD hasil Pemilihan Umum (1958-1960) dan fase DPRDGR sekarang ini. 

Keistimewaannya adalah , bahwa pada setiap fase , M Ali Amin terpilih sebagai calon tunggal dengan suara aklamasi dari keempat fase DPRD-DPRD tersebut dan selalu diperkuat oleh resolusi bersama segenap  Kepala –Kepala kampung  di Kota Palembang.

Juga Persatuan  Pegawai  Balai Kota Palembang selalu memperkuat juga".

BACA JUGA:Sejarah DPRD Kota Palembang (Bagian Kesebelas)

Sementara untuk mengisi lowongan Walikota definitif diangkat Mgs Abdurahman selaku Pejabat Walikota Palembang.

Di era Tahun 1950 hingga 1960 semangat membangun tetap tinggi, bukan saja masalah rutin terselesaikan bahkan rencana-rencana besar dikemukakan, seperti rencana Jembatan Musi dan Musi Boulevard.

Pembangunan sarana umum dilaksanakan dan ditingkatkan, dilaksanakan dengan cara-cara : 

a. Terbatasnya dana sendiri, maka pihak pemerintah Kota Besar Palembang telah mengadakan pinjaman-pinjaman ke Pemerintah Pusat. 

BACA JUGA: Sejarah DPRD Kota Palembang (Bagian Kesepuluh)

Usul DPRD Kota Besar Palembang untuk pendirian pasar-pasar atau perluasan-perluasannya adalah sebesar Rp. 6.000.000,00 (14 November 1956). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com