Honda

Lomba Fashion 3R, Cara Bijak Perlakukan Sampah

Lomba Fashion 3R, Cara Bijak Perlakukan Sampah

Salah satu peserta fashion 3R berlenggak lenggok dengan kostum dari barang bekas atau sampah. -Berry Sandi-Palpres.com

TALANG UBI, PALPRES.COM - Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar bijak dalam memperlakukan sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar lomba fashion 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) tingkat sekolah se-Kabupaten PALI.

Lomba fashion 3R ini dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup se-dunia tahun 2022, yang digelar di Gedung Pesos Komplek Pertamina Pendopo, Jumat, 8 September 2022.

Puluhan pelajar dari SD hingga SMA berlenggak-lenggok mengenakan kostum, yang terbuat dari sampah atau barang bekas berbagai macam dari sampah plastik hingga kertas.

Kepala Dinas LH Kabupaten PALI, Bakrin mengatakan, lomba fashion yang terbuat dari sampah bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bijak dalam memperlakukan sampah supaya tidak dibuang sembarangan. 

"Tidak selamanya sampah jadi masalah kalau kita bijak memperlakukannya. Buktinya saat ini, sampah bisa jadi kreasi yang didesain menjadi gaun atau kostum indah," katanya. 

Ia menerangkan, dalam memperingati hari lingkungan hidup se-dunia, DLH PALI rutin mengadakan lomba fashion. 

Namun, selama dua tahun kegiatan itu sempat vakum karena pandemi Covid-19.

"Tahun 2019 lalu kita dapat juara di Provinsi Sumsel. Tahun ini, kita laksanakan lagi untuk mencari perwakilan yang akan berkompetisi di tingkat provinsi," terangnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten PALI, Madsudi mengatakan, lomba fashion 3R itu sangat positif, karena makna di balik acara itu adalah menggali serta memacu kreatifitas anak-anak agar lebih kreatif.

"Lomba fashion 3R juga sebagai media sosialisi kepada masyarakat bahwa tidak selamanya sampah harus dibuang. Sampah bisa diolah dan bisa mendatangkan uang," katanya.

Ia berharap, pada lomba tersebut membawa pesan positif bagi masyarakat, minimal bisa mengurangi sampah dilingkungannya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: