Honda

Pemkab OKU Timur Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Pemkab OKU Timur Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Pemerintah Kabupaten OKU Timur bekerjasama dengan Smile Train dan Yayasan Ummi Romlah (YUR) melaksanakan kegiatan Operasi Bibir Sumbing secara gratis. Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua TP PKK OKU Timur dr Sheila Noberta, Sp.A, M Kes.-Arman-Palpres.com

OKU TIMUR, PALPRES.COM- Pemerintah Kabupaten OKU Timur bekerjasama dengan Smile Train dan Yayasan Ummi Romlah (YUR) melaksanakan kegiatan Operasi Bibir Sumbing secara gratis.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua TP PKK OKU Timur dr Sheila Noberta, Sp.A, M Kes, Sabtu 10 September 2022.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) OKU Timur, Zainal Abidin menyampaikan, kegiatan ini merupakan bakti sosial Pemerintah Daerah OKU Timur bekerjasama dengan Yayasan Ummi Romlah didukung Dinas Kesehatan bersama RSUD Tulus Ayu Belitang sehingga dapat terlaksana.

Dalam Operasi bibir dan langit sumbing OKU Timur telah melaksanakan untuk kedua kalinya, pertama di tahun 2019 untuk kedua di tahun ini. 

BACA JUGA:Harga Cabai Keriting Tembus Rp100 Ribu, Sayur Mayur Stabil

Kegiatan ini untuk membantu mereka yang sudah dioperasi dapat leluasa tersenyum dan menatap masa depan yang gemilang sehingga terbebas dari bibir dan langit sumbing.

“Sebelumnya kegiatan ini telah dilakukan dari 9 September kemarin, dilakukan screening terlebih dahulu pada pasien peserta selanjutnya akan dilaksanakan operasi hingga selesai,” jelas Zainal.

Kegiatan ini diikuti oleh 32 pasien anak yang ada di wilayah OKU Timur bahkan ada dari kabupaten tetangga. 

“Dari jumlah tersebut setelah dilakukan screening tersisa 27 orang anak atas kegiatan ini kami terima kasih kepada Yayasan umi Romlah karena telah mengirim dokter spesialis untuk membantu masyarakat dalam mengubah dunia senyuman demi senyuman OKU Timur Maju lebih Mulia,” jelasnya.

"Terima kasih juga kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu kelancaran kegiatan ini khususnya kepada yayasan telah memberikan bantuan tenaga medis untuk membantu masyarakat bagi mereka yang operasi hari ini," ucapnya.

Sementara Sheila mengapresiasi atas kegiatan ini dapat terwujud dan bermanfaat bagi masyarakat, upaya ini telah lama direncanakan, berkat dukungan Yayasan YUR dan inisiasi Bapak Muhammad Arif Al-Kautsar dapat terlaksananya kegiatan ini merupakan bakti sosial dalam rangka peringatan Hari kemerdekaan RI yang ke-77 tahun 2022.

"Alhamdulillah, kita membantu anak-anak yang mengalami bibir sumbing dan langit-langi sumbing untuk mendapatkan pengobatan sehingga nanti mereka dapat makan minum dengan baik dapat berbicara dengan baik percaya diri dan bisa belajar menggapai cita-citanya," ungkap Sheila.

BACA JUGA:Program Tanam Pohon Sudah 8 Bibit yang Ditanam Pengantin

Sebagai dokter anak, ia mengimbau kepada ibu-ibu yang akan merencanakan kehamilan apa yang sedang hamil pada trimester pertama kehamilan untuk mencegah bibir sumbing ini harus mendapatkan gizi yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: