Honda

PDGI Ogan Ilir: 56,7 Persen Masyarakat Alami Kerusakan Gigi Berlubang

PDGI Ogan Ilir: 56,7 Persen Masyarakat Alami Kerusakan Gigi Berlubang

Kemendikbudristek akan melanjutkan 4 bantuan pendidikan kepada siswa, mahasiswa, guru dan dosen, tujuannya untuk meningkatkan akses pendidikan yang merata.-Widjan Palpres.com-

OGAN ILIR, PALPRES.COM- Berdasarkan riset kesehatan dasar nasional, angka kerusakan gigi berlubang (Karies) di Sumatera Selatan masih cukup tinggi. 
 
Hal ini disampaikan Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Ogan Ilir, drg Hema Awalia menurutnya rata-rata 56,7 persen masyarakat mengalami karies dari usia 3 tahun hingga lansia.
 
 
"Ke depan Indonesia menargetkan pencanangan bebas karies 2030. Jadi harapannya, tahun 2030 nanti anak-anak Indonesia sudah bebas karies," ungkapnya pada acara Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) 2022 di Gedung serbaguna KPT Tanjung Senai, Senin 12 September 2022.
 
Dikatakannya, melalui Sikat gigi bersama masal untuk anak Sekolah Dasar ini, anak-anak bisa menjaga kesehatan giginya lebih baik lagi.
 
 
"Sehingga, kebiasaan yang tidak boleh seperti menyikat gigi dengan keras ataupun hanya menyikat bagian depan bisa diperbaiki. Setelah diberikan edukasi anak-anak dapat menambah pengetahuan dalam menjaga kesehatan gigi dan Mulut," ternganya.
 
Lebih jauh katanya, untuk kebiasaan menyikat gigi, hasil riset menunjukan masyarakat Sumsel sudah 99,6 persen. Tetapi, kebiasaan masyarakat menyikat gigi dengan benar hanya 1,5 persen. "Sebagian besar sudah menyikat gigi, tetapi cara, waktunya masih banyak yang salah," bebernya. 
 
 
Cara yang benar katanya, semua permukaan gigi disikat. Mulai dari rahang atas, rahang bawang, gigi depan, belakang hingga bagian permukaan gusi. "Anjuran nya menyikat gigi sebaiknya dua kali sehari. Saat setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Serta di ikuti pemeriksaan ke dokter gigi minimal setiap enam bulan sekali," terangnya.
 
Ditmbahkannya, bahwa sesehatan masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi sudah cukup tinggi. Kesadaran dalam memeriksa dan menjaga kesehatan gigi nya sudah sangat tinggi. Terutama di Ogan Ilir sudah terlihat peningkatannya.
 
 
Peringatan HKGN 2022 dilaksanakan tepat pada 12 September. Selenggarakan sikat gigi anak sekolah dasar serentak dengan menteri kesehatan secara virtual di 13 provinsi. Mengusung tema, Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia.VIV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com