Honda

Batu Kali Pemandian Umum Telah Disusun dan Disemen

Batu Kali Pemandian Umum Telah Disusun dan Disemen

Batu kali pembangunan pemandian umum sudah naik dan disemen, Kamis 22 September 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM - Batu kali yang dipergunakan sebagai dasar dari bangunan pemandian umum pada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, tahun anggaran (TA) 2022 kini sudah disusun dan disemen.

Koordinator Pekerjaan MCK, Serda Ahyar menerangkan, pemandian umum yang berukuran 2x9 meter persegi ini sudah naik batukalinya setinggi lebih kurang 50 centimeter (CM).

"Pemandian umum ini terdiri dari lima atau enam bagian, yang oleh personel TMMD telah dipasang batu kali maupun paralon pembuangan air limbahnya disetiap bagian," jelasnya, Kamis 22 September 2022.

Ia menambahkan, material tanah pun akan segera ditimbunkan supaya pekerja bisa melaksanakannya tahapan berikutnya.

"Setelah batu kali tersusun semuanya, barulah tiang besi pancang sebagai penopang utama akan dipasang bersamaan dengan batubata," harap Serda Ahyar.

Di lain pihak, Kepala Desa (Kades) Pagarbatu Yuniardi menuturkan, pembangunan pemandian umum ini memang sangat dibutuhkan. 

Pasalnya mayoritas penduduk masih bergantung kepada aliran Sungai Lematang.

"Untuk itulah, apabila telah selesai, maka fasilitas umum (Fasum) MCK bisa dimanfaatkan dan dipakai oleh masyarakat desa untuk mencuci pakaian, beras, sayur mayur, mandi, dan buang air besar ataupun kecil," jelasnya.

Dirinya berharap, sarana tersebut dapat dijaga dengan sebaik-baiknya oleh warga itu sendiri. Karena pembangunan ini memang diperuntukkan bagi kepentingan bersama.

"Untuk itulah, melalui program TMMD ini pembangunan di Desa Pagarbatu sangat terbantu sekali, baik dari rehab masjid, bedah rumah, pemandian umum, akses jalan sepanjang 2,5 kilometer (KM) dan bakti sosial (Baksos)," beber Yuniardi. BRN

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: