Honda

Amalkan Sholawat di Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Amalkan Sholawat di Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Suasana Sholat berjamaah di Masjid Nur Halim Pedamaran-Sigit Nugraha-

PALEMBANG, PALPRES.COM -  Bulan mulia kita kenal sebagai Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Sebagaimana tercatat dalam sejarah,  Nabi Muhammad SAW lahir pada Senin 12 Rabiul Awal Tahun Gajah.

Hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini dapat diperingati dengan amalan dan ibadah untuk mengharapkan ridha Allah SWT.

Mengingat bulan Rabiul Awal termasuk bulan istimewa, sahabat muslim menyambutnya dengan suka cita.

BACA JUGA:Ini Empat Permohonan Nabi Muhammad SAW Setiap Pagi


Salah satu amalannya adalah doa dan sholawat dengan tulus dan ikhlas, umat islam dapat meneladani kisah dan sifat rasulullah SAW, misalnya mendengarkan ceramah para ulama dan ustadz.

Adapun keutamaan showalat dimaknai sebagai ungkapan rasa kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.  

Sholawat adalah ucapan atau bacaan doa kepada Allah SWT untuk Rasulullah SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya.

Selain sholawat tentu saja kita juga dianjurkan memperbanyak doa dan sholawat , dengan tujuannya adalah mendapat ridho dan rahmat dari Allah SWT, berikut ini doa Sholawat  menyambut bulan rabiul awal;

Bacaan Doa Awal Bulan Seperti Halnya memasuki bulan baru, Sahabat muslim dapat membaca doa awal bulan;

الله اكبر الله اكبر الله اكبر الحمد لله الذي ذهب بشهر كذا وجاء بشهر كذا

Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar. Alhamdulillahil ladzii dzahaba bi syahri kadzaa wa jaa-a bi syahri kadzaa.

Artinya :

“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan bulan ini (sebutkan nama bulannya) dan telah mendatangkan bulan ini (sebutkan nama bulan yang baru).

BACA JUGA:Ingin Rezeki Tak Terduga Mengalir Deras, Yuk Salat Dhuha

 


Kemudian Berikut ini merupakan kumpulan doa sholawat bulan Rabiul Awal.


1. Sholawat Ma’tsuroh


Sholawat ma’tsuroh merupakan sholawat yang kalimat, cara membaca, waktu membaca dan keutamannya telah diajarkan oleh Rasulullah SAW sendiri.


أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ


Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya.”


2. Sholawat Ibrohimiyah


اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أَٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعٰلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.


Artinya : “Ya Allah, limpahkan sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad. Sebagaimana yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Didaulat Bapak Anak Yatim Penghafal Alquran Marogan


3. Sholawat Al-Fatih


َللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِماَ سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلٰى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَقِيْمِ. صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ.


Artinya : “Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petujuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.”


4. Sholawat Quthbul Aqthob


اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلأَوَّلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلآخِرِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلـمُرْسَلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَإِ اْلأَعْلٰى إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنَ.


Artinya : “Ya Allah, berikan rahmat takdzim kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, di masa-masa permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW di masa-masa penghabisan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada orang-orang yang memiliki kemuliaan sampai hari kiamat.”


5. Sholawat ummy


َللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ


Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW sebagai hamba, Nabi dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.”


6. Sholawat Mukafa’ah


اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عِلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْبُوْلَةً تُـؤَدِّى بِهَا حَقَّهُ الْعَظِيْمِ


Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat, dalam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang Ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”

BACA JUGA:Doa-doa yang Wajib Dihapal Terutama Perempuan, Ada Doa Cepat Move on


7. Sholawat Ghozali


اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نَّبِىِّ اْلأُمِّيِّ الْحَبِـيْبِ الْعَالِى الْقَادِرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.
اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مُسْتَمِرَّةً تَدُوْمُ بِدَوَامِكَ وَتَبْقٰى بِبَقٰـئِكَ وَتَخْلُدُ بِخُلُوْدِكَ وَلَاغَايَةً لَهَا دُوْنَ مَرْضَاتِكَ وَلَاجَرَاءَ لِقَائِكَ وَمُصَلِّيْهَا غَيْرَ جَـنَّــتِكَ وَالنَّظَرَ إِلٰى وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ


Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang kekal dan terus menerus, ia kekal karena kekelalan-Mu, ia langgeng karena kelanggengan-Mu, tidak ada ujung baitnya tanpa keridhoan-Mu, tidak ada balasan bagi pembacanya dan yang memintakan rahmat selain surga-Mu dan melihat wujud-Mu yang mulia.”

BACA JUGA:Simak, Pengaruh Salat dan Maksiat Terhadap Rezekimu

8. Sholawat Syifa’


َللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَصِحَّةَ اْلأَبْدَانِ وَعَافِـــيَــتِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ.


Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat, kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang menjadi dokter semua hati dan obatnya, yang menjadi sehat semua badan kesejahteraannya, yang menjadi cahaya semua hati dan kemuliannya. Dan semoga rahmat terlimpah kepada segenap keluarga beliau dan kepada para sahabat-sahabatnya, serta limpahkanlah salam dan kesejahteraan kepada mereka semua.

Ketika kita membaca doa atau bershalawat Nabi di bulan Rabiul Awal, maka kita akan mendapatkan rahmat dan keselamatan di dunia dan akhirat, menarik dan memperluar rezeki, mendatangkan segala macam hajat dan dapat mempercepat tercapainya semua cita-cita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: