Honda

Stan UMKM Ikut Partisipasi di TMMD ke 115

Stan UMKM Ikut Partisipasi di TMMD ke 115

Salah satu stan UMKM milik Persit KCK Cabang XVI Lahat, yang ikut berpartisipasi pada TMMD ke 115, Rabu 12 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Stan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hadir pada pembukaan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Stan UMKM yang menampilkan produk-produk hasil kreasi dan karya dari ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XVI Lahat, TP PKK Kecamatan dan maupun desa.

Ketua Persit KCK Cabang XVI Lahat, Indah Nurlela Sari Priyono menuturkan, sangat positif sekali dengan adanya stan UMKM hadir ditengah-tengah TMMD, dimana, hasil produksi yang ditorehkan oleh ibu-ibu dapat ditampilkan.

"Seperti halnya di Stan Persit, kita tampilkan beberapa makanan ringan dari 13 Koramil, termasuk juga, kerajinan tangan sulaman dan hijab yang diwarnai dengan bahan baku alami," jelasnya, Rabu 12 Oktober 2022.

BACA JUGA:Dansatgas TMMD, Bupati Lahat dan Forkopimda Disambut Anak-anak Sekolah

Dirinya mengemukakan, kehadiran UMKM ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi perkembangan, peluang usaha yang kini banyak digandrungi oleh ibu-ibu maupun remaja di desa.

"Disinilah peluang bisnis untuk tambahan pendapatan keluarga, sekaligus mempromosikan produk yang dibuat baik dijual secara langsung maupun melalui media sosial,” tukas Indah Nurlela Sari Priyono.

Senada, Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang SHut MM melalui Wakil Ketua, Hj Sumiyati Haryanto SPd mengemukakan, kehadiran UMKM pada kegiatan TMMD ini, memberikan perbedaan tersendiri.

"Banyak hasil kerajinan tangan, makanan khas Lahat, dan lain sebagainya ditampilkan disini, ini sangat positif sekali," ucapnya.

Dirinya meminta, produk-produk yang ada tersebut jangan hanya ditampilkan ketika ada acara semata, melainkan sudah bisa mandiri untuk dijual melalui medsos ataupun ditoko.

"Dengan demikian, peluang usaha akan berkembang dan kesejahteraan masyarakat pastinya terbentuk," pungkas Hj Sumiyati Haryanto. 

Pengobatan gratis hadir pada upacara pembukaan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Berita Terkait, Bekerjasama dengan jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas Pulau Pinang, memberikan pelayanan berupa pengecekan terhadap hipertensi (Darah tinggi, red), kolesterol, vaksin covid-19, asam urat, demam dan lain sebagainya.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke 115, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP mengemukakan, bahwasanya pihaknya juga mengundang jajaran Dinkes, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com