Honda

Puluhan Hektare Lahan Sawah di OKU Diserang Hama Tikus

Puluhan Hektare Lahan Sawah di OKU Diserang Hama Tikus

Ilustrasi hama tikus menyerang sawah petani-Dok-

OKU, PALPRES. COM - Puluhan hektare tanaman padi di Desa Belambangan dan Gunung Kuripan, Kecamatan Pengandonan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), diserang hama tikus.

Akibatnya, sawah di dua desa itu nyaris gagal panen. 

Beruntung serangan hama ini cepat diketahui, sehingga petani berinisiatif  mempercepat panen raya sehingga masih dapat menikmati hasil panen meski tidak maksimal.

Kepala Desa Gunung Kuripan, Zairul Amini kepada wartawan mengatakan,  bahwa akibat hama tikus, lahan persawahan milik petani di desanya nyaris mengalami gagal panen.

BACA JUGA:Petani Lahat Dihantui Hama Ulat Menyerang Batang Padi, Ini Dampaknya

Pihaknya pun berencana akan melaksanakan gerakan pengendalian (Gerdal) tikus secara massal, bersama seluruh petani di daerahnya. 

Dimana dalam gerakan pengendalian, petani secara swadaya membawa beras untuk umpan. 

Selanjutnya dilakukan pencampuran dengan rodentisida oleh kelompok tani.  

Hama Ulat Menyerang

Musim padi di seputaran Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat kini memasuki tahapan siap panen. 

BACA JUGA:Beri Pemahaman Kepada Masyarakat Muba untuk Pilih Pangan yang Berkualitas

Hanya saja, petani dihantui hama ulat yang menyerang batang padi, sehingga buah menjadi putih dan akhirnya hampe (Kosong, red).

"Betul, ulat ini sendiri berada didalam batang padi, ukurannya pun sangat kecil sekali, terkadang ada satu atau dua ekor saja, untuk dapat melihatnya harus dibuka batangnya barulah terlihat," ungkap Makcik petani asal Desa Banjar Negara, Kecamatan Lahat Selatan, Ahad 2 Oktober 2022.

Padahal, sambung Makcik, sudah disemprot dengan racun insektisida. Akan tetapi, karena hama ulatnya berada didalam batang dan berukuran kecil, jadi semprotan tersebut tidak masuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres .com