Honda

Gempa Guncang Muara Enim, Peringatan Dini Potensi Hujan Lebat di Wilayah Sumsel

Gempa Guncang Muara Enim, Peringatan Dini Potensi Hujan Lebat di Wilayah Sumsel

Gempa Bumi Guncang Muara Enim-BMKG-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Gempa kembali mengguncang wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tepatnya di Kabupaten Muara Enim pada Jumat 14 Oktober sekitar pukul 08.22 WIB. 

Informasi gempa bumi di Muara Enim juga sudah dikabarkan twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). “Gempa Dirasakan Magnitudo :4.0, Kedalaman : 1 Km, pada 14 Oktober 2022 08:22:02 WIB, koordinat :3.81 LS-103.75 BT (Pusat Gempa berada di darat 18 km Barat Daya Muara Enim, Dirasakan (MM) : III Muara Enim,”begitu tertulis dalam twitter resmi BMKG

Gempa Bumi juga sempat dirasakan oleh warga Muara Enim namun tidak terlalu lama, dan tidak menimbulkan kerusakan yang berarti. 

Dari akun media sosial Instagram @muaraenimterkini, sejumlah netizen mengaku merasakan gempa pagi tadi. 

“Ada (terasa gempa) min tapi tidak lama cuma hitungan beberapa detik,”tulis akun @dhearicca*** di kolom komentar. 

BACA JUGA:Gempa Bumi Guncang Bengkulu, Getaran Sampai ke Lahat

“Terasa dikit di tanjung agung,”tulis akun @aswatun***.

“Terasa min sekejap mata tapi lumayan terasa,”tulis akun @risnami***. 

Wilayah Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,0. Episenter terletak pada koordinat 3.81 LS dan 103.75 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 km BaratDaya Muara Enim Sumatera Selatan pada kedalaman 1 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal wilayah setempat.

BACA JUGA:Dinding Masjid Prabu Nurul Iman di Plamir Putih

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Muara Enim dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Hingga pukul 09:49 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

BMKG Sumsel melalui laman instagramnya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpangaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: