Honda

Bambu Dirakit, Angkut Mesin Bor Seberangi Sungai Lematang

Bambu Dirakit, Angkut Mesin Bor Seberangi Sungai Lematang

Masyarakat Desa Pagarbatu sedang merakit beberapa bambu, yang akan dijadikan tempat mengangkut mesin sumur bor, Selasa 18 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM-  Masyarakat Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat merakit beberapa batang bambu berukuran besar menjadi satu.

Hal ini, untuk mengangkut mesin sumur bor dengan menyeberangi Sungai Lematang, dengan arus cukup deras.

"Betul, warga bersama-sama personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, nantinya saling bantu mengangkut mesin sumur bor, yang nantinya akan menyeberangi Sungai Lematang," terang Komandan Kelompok (Danpok) Lapangan Satuan Tugas (Satgas) TMMD, Kapten Inf Mulyadi, Selasa 18 Oktober 2022.

Mulyadi menuturkan, mesin sumur bor tersebut sama sekali tidak bisa dibawa melalui jembatan gantung, mesti dari bawahnya dan bergotong royong mengangkatnya beramai-ramai.

BACA JUGA:Personel TMMD Saring Pasir Halus dari Kerikil Gunakan Alat Sederhana

"Mesin ini cukup berat dan besar, sehingga memang membutuhkan tenaga banyak, nah, disinilah nantinya personel dan warga saling bekerjasama," paparnya.

Supaya, masih kata dia, pengerjaan sumur bor yang akan dipergunakan sebagai sumber air bersih, di sarana pemandian umum.

"Fasilitas umum (Fasum) hampir selesai, lokasi sumber air bersih pun sudah diketemukan, yang rencananya sesuai petunjuk Komandan Satuan Tugas (Dansatgas), Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP akan dialirkan ke MCK dan pemukiman warga," ulas Mulyadi.

Mulyadi berharap, ketika mesin bor datang, agar sekiranya diangkut sangat hati-hati sekali, saling bahu membahu dan bekerjasama.

"Sebab, ketika menyeberangi Sungai Lematang, arusnya cukup deras, jadi semuanya pihak yang terlibat dapat memilih titik aman," tegasnya.

 Berita Terkait, Titik bangunan berukuran 2x2 meter persegi, yang dipergunakan sebagai pos keamanan lingkungan (Poskamling) di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat telah selesai digali.

"Personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat dibantu warga telah menggali tanah untuk pembangunan poskamling," ujar Komandan Kelompok (Danpok) Plat duiker dan Poskamling, Serda Saragih, Selasa 18 Oktober 2022.

Serda Saragih mengemukakan, untuk bangunannya sendiri dibuat permanen dan bentuknya lebih minimalis, sehingga membuat warga dalam menjalankan ronda malam merasa nyaman.

"Tentunya, kita akan dirikan sebaik mungkin, supaya penduduk yang menjaga keamanan desa akan merasa senang dan nyaman ketika memanfaatkannya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com