Honda

Angkut Pasir dari Sungai Lematang Pakai Alat Sederhana, Bantu Pendapatan Keluarga

Angkut Pasir dari Sungai Lematang Pakai Alat Sederhana, Bantu Pendapatan Keluarga

Salah satu warga Desa Pagarbatu sedang mengambil pasir dengan alat sederhana, Rabu 19 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Untuk memenuhi kebutuhan pasir yang dipergunakan pada pembangunan infrastruktur Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat. 

Maka masyarakat setempat mengambil material pasir langsung dari Sungai Lematang dengan acara sederhana.

"Tanpa menggunakan excavator maupun ban, cukup dengan sekop dibuat sendiri yang dipasang kayu panjang, lalu saya 'cebur' ke Sungai Lematang untuk mengambil pasir," jelas Andi, Rabu 19 Oktober 2022.

Andi mengemukakan, dirinya selama adanya TMMD ini sangat terbantu sekali, terutama menafkahi keluarga, karena selain mengambil sendiri, material yang diangkut menggunakan sepeda motor ada honornya.

BACA JUGA:Kapolsek Pulau Pinang dan Anggota Bantu Kerjakan Bangunan TMMD ke 115

"Alhamdulillah, sangat terbantu sekali, sehingga asap dapur bisa mengepul. Untuk pengambilan pasirnya disesuaikan dengan kebutuhan saja," sebutnya.

Dirinya menjelaskan, dirinya tidak sendirian, ada empat warga desa ikut membantu baik mengangkut pasir dan batu kali, yang semuanya diambil dari Sungai Lematang.

"Semuanya tersedia, mau pasir dan batu kali ada, dan ini akan memberikan dampak positif sekali bagi penduduk yang ikut bekerja," tegas Andi.

Sementara itu, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP melalui Pasiter, Kapten Inf Bambang Nur Ragil mengemukakan, pihaknya memang mengikut sertakan masyarakat desa, untuk membantu membawakan material pasir dan batu kali.

"Termasuk juga, material pendukung lainnya, sehingga progres pembangunan infrastruktur yang ada cepat rampung, dan mereka kita berikan honor," pungkasnya. 

Berita Terkait, Gudang Penyimpanan Masjid Prabu Nurul Iman, Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat kini telah dipasang keramik pada bagian lantai, maupun dinding.

"Betul, untuk gudang semuanya telah selesai dikerjakan, saat ini keramik untuk lantai dan dindingnya kita pasangkan, agar terlihat lebih minimalis," kata Komandan Kelompok (Danpok) Masjid, Peltu Maman Suryaman, Rabu 19 Oktober 2022.

Peltu Maman Suryaman menerangkan, tentunya keramik tersebut disesuaikan dengan bentuk dari ruangan tersebut, sehingga kesannya tidak semerawut.

BACA JUGA:Personel TMMD Saring Pasir Halus dari Kerikil Gunakan Alat Sederhana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: