Honda

MCK MTs Sukacinta Lahat Tahap Pengeboran Sumber Air

 MCK MTs Sukacinta Lahat Tahap Pengeboran Sumber Air

Dandim 0405/Lahat didampingi Pasiter, Kapten Inf Bambang Nur Ragil berada di lokasi pengeboran sumur bor di MTs Sukacinta, Jumat 21 Oktober 2022.-Bernat-palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM - Komandan Distrik Militer (Dandim) 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP didampingi Pasiter, Kapten Inf Bambang Nur Ragil melihat pengerjaan Pengeboran Sumber Air Bersih, di sarana mandi, cuci dan kakus (MCK) di MTs Sukacinta, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat.

"Betul, untuk bangunan MCK sudah selesai dikerjakan, dan ketika itu, ditinjau langsung Danrem 044/Gapo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MM MTr Han," jelasnya, Jumat 21 Oktober 2022.

Dirinya menambahkan, dikarenakan MCK dan Bioluks Septic Tank ini merupakan program dari Danrem 044/Gapo, dengan nama BASEMAH 44.

"Yang artinya, Bersih, Sehat dan Ramah Lingkungan yang dibangunan disetiap kabupaten/kota, dengan sanitasi menggunakan alat canggih," jelas Toni Oki Priyono.

BACA JUGA:Bupati Lahat Pukul Gong, TMMD ke 115 Kodim 0405/Lahat Dimulai

Toni Oki Priyono menuturkan, Bioluks Septic Tank ini sangat mutakhir sekali cara kerjanya, dengan kapasitas 3.000 liter dan adanya bakteri pengurai, maka air limbah yang dibuang pun sangat tidak berbau dan bersih.

"Tapi tidak bisa dikonsumsi, sehingga masyarakat dan siswa menjadi sehat dan terhindar dari bibit penyakit, terutama stunting yang dewasa ini menjadi prioritas utama," paparnya.

Dirinya berharap, dengan lingkungan sehat, dan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), stunting dapat ditekan serendah mungkin.

"Untuk itulah, Kodim 0405/Lahat bersinergis dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, terus mengubah mindsite (pola pikir, red) masyarakat," tegas Toni Oki Priyono. 

BACA JUGA:Progres TMMD ke 115, Stafter Kodim 0405/Lahat Pasang Papan Informasi

TMMD Resmi Dimulai

Program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat Tahun Anggaran (TA) 2022 telah resmi dimulai.

Dengan ditandai pemukulan gong oleh Bupati Lahat, Cik Ujang SH didampingi Dansatgas dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dipusatkan di Lapangan Sepakbola Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP mengatakan, bahwasanya kegiatan telah resmi dimulai, dan beberapa item pembangunan fisik pun langsung di kerjakan, yang mana pelaksanaannya berakhir 9 November 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com