Honda

Penyakit Gagal Ginjal Akut Pada Anak Dapat Disembuhkan dengan Cara Ini

Penyakit Gagal Ginjal Akut Pada Anak Dapat Disembuhkan dengan Cara Ini

kenali gejala gagal ginjal pada anak-freepik-

JAKARTA,PALPRES.COM- Kasus gagal ginjal akut yang tiba-tiba menyerang balita memang cukup mengkhawatirkan. Terutama bagi orang tua yang kerap kali memberikan obat sir0p bila anak sedang demam dan sakit. 

Namun, apakah penyakit gagal ginjal akut dapat disembuhkan?. 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melaporkan ada 39 persen atau 16 pasien gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) dinyatakan sembuh.

Hanya saja ada beberapa kriteria gagal ginjal ini dapat disembuhkan. Misalnya saja, frekuensi buang air kecil dan volume urine yang normal. Tak ada pula gejala lain seperti demam dan diare.

BACA JUGA: Ini 102 Merek Obat Sirop yang Dikonsumsi Pasien Gagal Ginjal

"Secara umum anak kondisinya baik, tidak perlu cuci darah," Juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril dalam konferensi pers bersama Kemenkes belum lama ini. 

Dengan demikian, para orang tua diimbau untuk tidak terlalu panik berlebihan. Lakukan deteksi dini terhadap anak, jika terlihat gejala, segera bawa anak ke rumah sakit sehingga penangannya semakin cepat. 

Sekretaris Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) Eka Laksmi Hidayati menambahkan dari sekian banyak kasus, beberapa pasien dinyatakan sembuh.

"Kami melihat mayoritas pulih. Ada juga pasien yang sudah pulang dari rumah sakit," ujar Eka, pekan lalu.

BACA JUGA: Penuh Haru, Sang Ayah Cium Anaknya yang Derita Gagal Ginjal Sebelum Meninggal Dunia

Sementara bagi beberapa anak yang membutuhkan terapi jangka panjang, Eka memprediksi butuh waktu sekitar 1-3 bulan untuk pemulihan.

Sebagaimana diketahui, ancaman gagal ginjal akut tengah menghantui anak-anak Indonesia. Hingga Kamis 20 Oktober 2022 sebanyak 241 anak di Indonesia terserang gagal ginjal akut. Sebanyak 133 di antaranya dilaporkan meninggal dunia.

Penyebab gagal ginjal akut pada anak hingga saat ini masih terus diselidiki. Namun diduga, gagal gindal akut pada anak disebabkan oleh konsumsi obat penurun panas sirup. 

Ditemukan obat sirup demam di rumah salah satu anak yang mengalami gagal ginjal hingga menyebabkan nyawanya tidak tertolong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: