Honda

Gerhana Bulan Total 8 November 2022, Catat Jadwal Tempat dan Waktu Untuk Mengamatinya!

Gerhana Bulan Total 8 November 2022, Catat Jadwal Tempat dan Waktu Untuk Mengamatinya!

Ilustrasi gehana bulan total.--Disway.id

SOLO, PALPRES.COM - Di bulan November 2022 ini bakal ada gerhana bulan total, yakni pada 8 November. 

Anda bisa menyaksikan fenomena astronomis tersebut mulai pukul 15.02 WIB.

Gerhana bulan total bisa dilihat dari sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Fenomena ini terjadi ketika seluruh permukaan Bulan memasuki bayangan inti (umbra) Bumi, yang disebabkan oleh konfigurasi antara Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus.

BACA JUGA:Jasa SIM Keliling Khusus Perpanjangan, Cek Jadwal Operasionalnya

Selain itu, Bulan berada di dekat titik simpul orbit Bulan, yakni perpotongan antara ekliptika (bidang edar Bumi mengelilingi Matahari) dengan orbit Bulan.

Gerhana Bulan Total terjadi ketika fase Bulan Purnama, tetapi tidak semua fase Bulan Purnama dapat mengalami Gerhana Bulan.

Hal ini dikarenakan orbit Bulan miring 5,1° terhadap ekliptika. 

Waktu yang ditempuh Bulan untuk kembali ke simpul yang sama lebih pendek 2,2 hari dibandingkan dengan waktu yang ditempuh Bulan, agar berkonfigurasi dengan Bumi dan Matahari dalam satu garis lurus. Sehingga, Bulan tidak selalu berada di bidang ekliptika ketika purnama.

BACA JUGA:15 Idol K-pop yang Lahir Bulan November, Idol Kamu Ada Gak?

Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (ORPA) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebutkan, gerhana Bulan total akan berlangsung selama 1 jam, 24 menit, 58 detik dan durasi umbra (sebagian + total) selama 3 jam, 39 menit, 50 detik.

"Gerhana Bulan total adalah fenomena astronomis ketika seluruh permukaan Bulan memasuki bayangan inti (umbra) Bumi. Hal ini disebabkan oleh konfigurasi antara Bulan, Bumi dan Matahari membentuk garis lurus," kata peneliti ORPA BRIN Andi Pangerang dikutip dari situs resminya, Selasa 1 November 2022.

Lebar gerhana Bulan total kali ini sebesar 1,3589 dengan jarak pusat umbra ke pusat Bulan sebesar 0,2570. 

Gerhana ini termasuk ke dalam gerhana ke-20 dari 72 gerhana dalam Seri Saros 136 (1680-2960).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: