Honda

5 Macam Sambal Nusantara Wajib Kamu Coba!

5 Macam Sambal Nusantara Wajib Kamu Coba!

Ilustrasi Macam-macam sambal-IG@dhilasina-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Indonesia memiliki keragaman bahasa, pakaian adat, dan lainnya.

Begitu pula makanannya, salah satunya sambal.

Ada beraneka ragam resep sambal nusantara
Maklum, sambal merupakan salah satu pelengkap makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat.

Apapun jenis makanannya, sambal selalu ada sebagai pelengkapnya.
Indonesia punya banyak macam sambal khas dari berbagai daerah, tidak hanya pedas masing-masing sambal tersebut punya ciri khas tersendiri.


BACA JUGA: Kuah Segar Pindang Pantin Bikin Nagih di Lidah

Buat Anda yang mengaku pecinta pedas, berikut ini macam-macam sambal yang banyak wajib kamu coba;

1. Sambal Terasi
Sambal terasi memiliki aroma yang khas, tidak semua orang suka dengan jenis sambal ini.  Tapi buat kalian yang suka sekali dengan terasi, sambal ini tentu menjadi pelengkap yang tidak boleh ketinggalan.  Terasi sendi dibuat dari campuran garam, nasi dan udang rebon yang difermentasikan, kemudian ditumbuk dan dibentuk menjadi kotak-kotak.  Saat diolah menjadi sambal, terasi akan diuleg bersama cabe merah, cabe rawit, garam, gula dan tambahan tomat agar rasanya semakin segar.

BACA JUGA:Dari pada Beli di Luar, Lebih Baik Buat Sendiri Kue Apem Gula Merah


2. Sambal Ijo
Sambal ijo pada umumnya memiliki warna merah yang menggugah selera, namun sambal satu ini justru berbeda karena warnanya yang berwarna hijau.  Sambal ini berasal dari daerah padang, kata ijo merupakan bahasa lokal yang berarti berwarna hijau.  Racikannya sendiri terdiri dari cabe hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat hijau. Rasanya bisa kamu dapatkan dari sambal ijo adalah rasa gurih serta berminyak. sambal ini sering kamu temukan di setiap rumah makan Padang.

3. Sambal Tomat

Nah bagi yang tidak terlalu suka pedas dan tidak berselera mencium bau terasi, kalian bisa membuat sambal tomat.  Bahan utamanya sudah pasti tomat, sehingga rasanya tidak pedas.  tekstur sambal tomat biasanya cenderung agak berair yang berasal dari tomat itu sendiri.  Rasanya cukup segar dan ada sensasi asal manis.

4. Sambal Matah

Kali ini sambal nusantara lainnya yaitu Sambal Matah, sambal ini khas dari bali.  Rasa pedas dari Sambal Matah sangat terasa, sebab sambal ini tidak dimasak melainkan mentah atau matah dalam bahasa bali. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut; Cabai merah, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk limau, garam dan minyak lalu dicampur menjadi satu untuk membuat Sambal Matah khas bali ini.

 

BACA JUGA:Lezat Bingit! Puding Lumut Butter Coffee Wajib dicoba

5. Sambal Roa

Sambal roa dari daerah manado, kota ini terkenal dengan deretan makanan sangat pedas. Spesialnya sambal ini yaitu ada ikan roa didalamnya yang menambah cita rasa gurih luar biasa.  Ikan roa yang istimewa ini sebenarnya adalah jenis ikan terbang dengan bentuk mulut yang lancip dan panjang, ikan ini biasanya dijual dalam bentuk sudah di asap. Bahan-bahannya adalah ikan roa asap biasanya akan dihaluskan dengan bumbu rempah, tomat, dan cabe, nah paling sering dijual di medsos dalam bentul kemasan botolan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: