Honda

Wisata Pulau Kemaro Simpan Legenda Cinta, Lokasinya Dekat Pameran Rakernas IX JKPI 2022

Wisata Pulau Kemaro Simpan Legenda Cinta, Lokasinya Dekat Pameran Rakernas IX JKPI 2022

Wisata Pulau Kemaro yang berada di tengah Sungai Musi menyimpan legenda cinta yang cukup fenomenal.-Tangkapan Layar-Youtube Palpres Official

PALEMBANG, PALPRES.COM – Wisata Pulau Kemaro yang berada di tengah Sungai Musi menyimpan legenda cinta yang cukup fenomenal.

Lokasi ini cukup direkomendasikan untuk wisatawan yang kini sedang mengikuti Rakernas IX Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI).

Hal ini mengingat, Pulau Kemaro cukup dekat dengan lokasi pameran Rakernas IX JKPI 2022 di Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II yang digelar 2-5 November 2022.

Untuk menuju Pulau Kemaro, wisatawan dari lokasi pameran Rakernas JKPI cukup naik speed board yang ada di bawah Jembata Ampera.

BACA JUGA:Lengkap! 39 Wisata di Palembang, Wajib Dikunjungi Peserta Rakernas JKPI

Di sana, wisatawan akan banyak menemui speed board yang bisa disewakan untuk menuju ke Pulau Kemaro.

Bahkan, driver speed board juga bisa menunggu wisatawan selama berada di Pulau Kemaro.

Dikutip Palpres.com dari laman Giwang Disbudpar Sumsel, Pulau Kemaro memiliki arti pulau yang tidak pernah tergenang air.

Meski air pasang besar, pulau tersebut tidak akan kebanjiran dan akan terlihat dari kejauhan terapung-apung di atas perairan sungai musi.

BACA JUGA:Sambut JKPI Ke IX, Pemkot Berikan Pembinaan 75 Liaison Officer

Pulau ini mempunyai legenda tentang kisah cinta Putri Raja Palembang bernama Siti Fatimah yang dilamar anak raja dari Cina bernama Tan Bun Ann.

Syarat yang diajukan Siti Fatimah pada Tan Bun Ann yakni menyediakan 9 guci berisi emas, keluarga tan bun ann menerima syarat yang diajukan.

Untuk menghindari bajak laut saat di perjalanan membawa emas dari negeri Cina, maka emas yang di dalam guci tersebut ditutupi dengan asinan dan sayur.

Dengan rasa marah dan kecewa maka seluruh guci tersebut dibuangnya ke sungai musi tetapi pada guci yang terakhirterhempas pada dinding kapal dan pecah berantakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: