Honda

Taukah Anda! Rumah Heritage Ong Boen Tjiet Bergaya Melayu Cina

Taukah Anda! Rumah Heritage Ong Boen Tjiet Bergaya Melayu Cina

Rumah Heritage Ong Boen Tjiet Bergaya Melayu Cina-Foto: Alhadi Farid/palpres.com-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Tahukah Anda! Rumah heritage Ong Boen Tjiet merupakan rumah kayu yang terletak di Kelurahan 3-4 Ulu Palembang yang berdiri kokoh menjadi dan saksi putaran waktu aliran sungai Musi yang kian tua.

Tepat berada di pinggiran Sungai Musi, rumah ini menggunakan gaya arsitektur Melayu Cina yang interiornya kaya akan pahatan relief bernuansa keemasan dan memiliki ornamen Tiongkok yang usianya lebih dari 200 tahun.

Diketahui, rumah ini adalah rumah kediaman seorang Saudagar peranakan di kota Palembang yang tinggal di Selatan Sungai Musi dan memiliki toko dan gudang besar di Sisi utara Sulawesi.

Rumah Ong Beon Tjiet adalah salah satunya rumah kaum peranakan yang masih asli dan terawat dengan baik. Untuk sampai ke sini kamu bisa menyewa perahu dari pelataran Benteng Kuto Besak di tepi Utara Sungai Musi dan menyeberangi sungai ke Selatan menuju Rumah Ong Boen Tjiet.

BACA JUGA:9 Wisata Religi di Palembang, Satunya Dibangun Tahun 1728

Rumah bersejarah ini memiliki bangunan 90 persen terbuat dari kayu unglen.

Sebelum memasuki rumah, para tamu disambut dengan ukiran kaligrafi bertulisan mandarin yang terjemahannya, “Berjaya Sampai Anak Cucu”. Kemudian dua daun pintu lebar bertuliskan “Seorang Harus Jujur Untuk Kebenaran”.

Suasana tenang dan sejuk sangat terasa memasuki ruangan utama karena sebanyak enam jendela terbuka menatap kearah Sungai Musi.

Menuju keruangan berikutnya, semakin banyak dijumpai tulisan kaligrafi cina yang memiliki falsafah dan arti yang sangat dalam.

BACA JUGA:Mengenal Kerajinan Laquer Palembang, Sudah Ada Sejak Kerajaan Sriwijaya

Lukisan dinding dan ukiran khas tionghoa, serta foto-foto mendiang keluarga Ong,  terasa syahdu seakan menyambut kehadiran para tamu dengan sangat ramah.

Pengunjung yang ingin berwisata ke tempat ini bisa sekaligus menikmati gemuruhnya pemandangan Sungai Musi dan pemandangan Jembatan Musi VI.

Bila kamu ingin berkunjung ke rumah heritage yang cantik ini bisa melewati jalan air dengan  datang ke yang berada di depan Patung Ikan Belida. Patung ini ada di halaman Benteng Kuto Besak dan menghadap ke Sungai Musi.

Silakan pilih perahu yang akan dinaiki. Biaya penyeberangan dari Benteng Kuto Besak menuju ke Rumah Heritage Ong Boen Tjiet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: