Honda

Coba Resep Ini, Es Doger Ekonomis Pasti Kamu Ketagihan

Coba Resep Ini, Es Doger Ekonomis Pasti Kamu Ketagihan

Es Doger --selerasa..com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Es Doger pasti dari kalian tahu dong minuman kali ini sangat populer dikalangan masyarakat tua maupun muda, selain penghilang rasa haus, es doger juga membuat bahagia.

Karena rasanya yang manis gurih,Jenis minuman ini begitu populer karena kenikmatannya, kaya rasa, dan tektur.  Es doger adalah salah satu susu kelapa dingin yang sering ditemui di Bandung, Jawa Barat.

Walaupun es doger berasal dari Cirebon, es doger juga bisa ditemui di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Malang, dan Surabaya. Selain rasanya yang enak, es doger juga enak diminum di tempat-tempat yang panas.


Doger sendiri merupakan sebutan untuk penari perempuan Ronggeng di wilayah Dermasuci, Dermayon/Indramayu, Subang, Cirebon. Karena sering dijajakan dalam acara pertunjukkan tersebut, maka es yang satu ini dikenal dengan nama es Doger.

BACA JUGA:Desert Taro Sago Jelly Drink Menemani Weekend Anda

 

Namun sajian es doger ini cukup mengenyangkan karena banyaknya isi yang disajikan. Sehingga tak hanya melegakan dahaga, es doger juga dapat sedikit mengobati perut yang kosong.

Es doger adalah minuman es tradisional yang dibuat dari campuran kuah santan, gula, serta garam yang memberikan cita rasa manis dan gurih.


Bukan hanya itu, es doger juga sering dilengkapi dengan berbagai macam isi seperti daging kelapa muda, sagu mutiara, tape ketan, hingga puding.

BACA JUGA: Kuah Segar Pindang Pantin Bikin Nagih di Lidah

Dengan membuat es doger sendiri, Anda bisa mendapatkan komposisi yang lebih lengkap dan banyak.  Ikuti resep membuat es doger berikut ini.

Es Doger Ekonomis

By @norita_foods

Bahan-bahan :

500 air
250 santan
Sirup cocopandan secukupnya
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan
100 gram gula

BACA JUGA:Empon - Empon Jamu Kuat dan Berkhasiat buat Kamu JOS!


pelengkap :
- Sagu Mutiara
- Tape Singkong
- Kelapa Muda

Cara Membuatnnya :

- Masukan semua bahan, kecuali sirup cocopandan , masak dengan api kecil hingga mendidih, sambil diaduk supaya santan tidak pecah.
- Matikan kompor, masukan sirup cocopandan, pindahkan ke wadah tunggu suhu ruang, masukan ke dalam freezer sampai beku.
- Setelah beku keluarkan dari freezer, ambil menggunakan sendok atau pengeruk es, kemudian tata terus lengkapi dengan tapi, sagu mutiara, dan kelapa muda,

Sajikan dan nikmati bersama Keluarga Anda Tercinta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: