Honda

Kakek Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Bupati Panca: Bersyukur dan Terharu

Kakek Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Bupati Panca: Bersyukur dan Terharu

Upacara hari Pahlawan di Kabupaten Ogan Ilir dipusatkan di halaman kantor Camat Indralaya Utara, Kamis 10 November 2022.-Widjan-Palpres.com

INDRALAYA, PALPRES.COM- Upacara hari Pahlawan di Kabupaten Ogan Ilir dipusatkan di halaman kantor Camat Indralaya Utara, Kamis 10 November 2022. Bupati Panca Wijaya Akbar bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Momen ini juga, momen kebanggaan bagi Ketua TP PKK Ogan Ilir Mikhailia Tikha Alamsjah Wijaya, dimana dirinya bersyukur dan terharu karena kakeknya Mayjen DR dr Soeharto meraih penghargaan dari Pemerintah Indonesia sebagai pahlawan nasional.

Begitu juga Pemkab Ogan Ilir memberikan penghargaan khusus kepada kakek dari istri Bupati Ogan Ilir yang resmi digelari Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal 7 November 2022 di Istana Presiden. 

Adapun kakek dari Mikhailia Tikha Panca Wijaya, DR dr HR Soeharto Sastrosoeyoso, merupakan dokter pribadi Presiden Soekarno serta pendiri Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tahun 1950. 

BACA JUGA:Wakil Bupati PALI Ingatkan Agar Tak Lupakan Jasa Pejuang

DR dr HR Soeharto Sastrosoeyoso juga berjuang bersama Presiden Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Bahkan, setelah kemerdekaan, DR dr HR Soeharto ikut serta dalam pembangunan sejumlah infrastruktur di Tanah Air.

“Alhamdulillah saya bersyukur terharu dan bangga karena kakek saya meraih penghargaan sebagai pahlawan nasional dari Pemerintah Indonesia. Alhamdulillah putri saya mendapatkan figur yang bisa menjadi contoh. Dan kepada generasi muda agar dapat menghargai jasa pahlawan yang sudah berjuang untuk bangsa Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, mengajak kepada seluruh generasi muda di Kabupaten Ogan Ilir untuk mempedomani perjuangan para pahlawan.

BACA JUGA:Dihari Pahlawan 10 November, Para Pejuang di Muba Dapat Bantuan Dari Pemkab

"Kalau para pahlawan kita dulu berjuang untuk memperebutkan kemerdekaan, untuk zaman sekarang kita dihadapkan dengan kondisi pangan, radikalisme yang harus kita lawan," ujarnya.

Bupati juga menyebut bahwa ada hal-hal lain yang harus diperjuangkan, seperti, isu teknologi untuk menjadikan Indonesia ke level atas di kancah dunia.

"Maka dari itu, momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 ini mari kita sebagai generasi muda untuk bersemangat meniru apa yang sudah dilakukan pendahulu negeri ini," ajaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir, M Kapidin Hanafi mengatakan, momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 ini pihaknya juga memberikan bingkisan kepada 35 veteran yang ada di Ogan Ilir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com