Honda

Desa Terisolir dan Minim Pembangunan Jadi Sasaran Tembak Program TMMD (bagian 1)

Desa Terisolir dan Minim Pembangunan Jadi Sasaran Tembak Program TMMD (bagian 1)

Personel TMMD ke 115, Kodim 0405/Lahat bersama masyarakat Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, meninjau lokasi rencana pembangunan infrastruktur plat duiker.-Bernat Albar-Palpres.com

Disamping itu, masih kata dirinya, yang paling vital yakni pembangunan sarana pemandian umum, dimana, berdasarkan laporan maupun teropong anggota, masih banyaknya masyarakat yang mandi, cuci dan kakus (MCK) di sepanjang aliran Sungai Lematang.

"Sehingga dengan begitu, dapat mengakibatkan banyaknya angka stunting karena Kabupaten Lahat sendiri tercatat 22,4 persen, jika dibandingkan sebelumnya terdata 44,1 persen," ucap Toni Oki Priyono.

Toni Oki Priyono menerangkan, dari kasus itulah, pihaknya bersama-sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat untuk mengantisipasi stunting di Bumi Seganti Setungguan turun sesuai kebijakan Pemerintah Pusat (PP) 14 persen.

"Memang tidak mudah mengubah mindset (pola pikir, red) warga, yang biasa dengan kebiasaan di sungai, untuk beralih kepada fasilitas yang menjamin kebersihan dan kesehatan," sebutnya.

BACA JUGA:Dansatgas TMMD Cek Persiapan Sarana Pemandian Umum

Ia menuturkan, dari gambaran itulah, melalui Program TMMD ini akan memberikan bantuan sekaligus pelayanan terbaik kepada penduduk desa sebagai bentuk apresiasi maupun kepedulian terhadap sesama termasuk lingkungan sekitar pemukiman.

"Bantuan finansial baik dari internal dan eksternal maupun pihak ketiga, guna menyukseskan kegiatan ini, sehingga bangunan yang didirikan mampu menciptakan suasana kekeluargaan dan kebersamaan," harap Toni Oki Priyono.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com