Honda

Kualitas Air Bisa Pengaruhi Capaian Stunting

Kualitas Air Bisa Pengaruhi Capaian Stunting

Camat Tebing Tinggi melakukan sosialisasi terkait stunting dan vaksinasi.-Eko Wahyudi-Palpres.com

EMPATLAWANG, PALPRES.COM- Berdasarkan hasil laboratorium masih ditemukan air konsumsi masyarakat yang tercemar baik fisik, kimia maupun biologis. Hal itu disampaikan Camat Tebing Tinggi, Noperman Subhi.

Noperman menyampaikan itu pada kegiatan sosialisasi vaksin terbaru (PVC) dengan pemateri dari Dinas Kesehatan Empat Lawang.

Selain sosialisasi vaksin baru, juga membahas hasil survei tim kesehatan atas kondisi air yang dipakai untuk konsumsi masyarakat di 20 desa maupun 6 kelurahan yang ada di Tebing Tinggi.

“Untuk memaksimalkan penurunan angka stunting maupun partisipasi vaksin diminta seluruh desa dan lurah memasang data atau jumlah angka stunting dan capaian vaksin untuk anak-anak agar dapat database untuk ditindaklanjuti,” ungkap dia.

BACA JUGA:Disdukcapil Empat Lawang Akui Ada 20 Ribu KTP Bermasalah

Disampaikannya, sebagai pencontohan diminta desa Aur Gading menjadi yang pertama melaksana tugasnya. Sementara itu, Desa Terusan Baru, menjadi yang pertama melaksanakan posyandu untuk remaja.

Sebagai bentuknya, Kades Aur Gading Jeksin maupun Irwansyah, kades Terus Baru, siap menjadi yang pertama melaksanakan tugas yang diberikan agar nantinya diikuti kades maupun lurah yang lainnya.

Dilanjutkan Noperman, ia meminta kepada Kades yang masyarakatnya yang masih mengkonsumsi air minum yang tidak layak untuk segera mengecek ke lapangan. 

Dan diambil tindakan dan diselesaikan dengan menggunakan dana desa dengan berkoordinasi kepada pendamping desa.

Sementara, Kepala UPTD Puskesmas Tebing Tinggi Rafiko Karomah berharap para kades mengajak ibu-ibu di desa yang mempunyai anak umur 2 bulan atau lahir di Bulan September 2022, untuk disuntik PVC dengan tidak dipungut biaya sepeser pun.

BACA JUGA:Selasa dan Jumat, ASN Empat Lawang Bicara Dalam Bahasa Inggris

“Apabila dilakukan di luar Puskesmas dipungut biaya yang harganya berkisar antara Rp 500 ribu sampai Rp900 ribu. Puskesmas menyediakan sebanyak 80 vaksin. Setidaknya setiap desa mendapat 2 sampai 3 anak yang divaksin secara gratis,” ujar kepala UPTD Tebing Tinggi mengakhir pembicaraannya.

Lela Jancik, ketua TP PKK Desa Seguring menyambut baik program yang disampaikan Dinas Kesehatan Empat Lawang pimpinan Hepy Safriani untuk mencapai Empat Lawang sehat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com